Share

5 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 408 2594187 5-negara-penghasil-kelapa-terbesar-di-dunia-indonesia-nomor-berapa-FQJgbxmCIa.jpg Kelapa (Mybttrm)

ADA 5 negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Indonesia tentu saja salah satunya. Kelapa memang tak tumbuh di semua tempat, kecuali di kawasan tropis saja.

Di negara-negara tertentu, kelapa dapat tumbuh subuh dan bahkan bisa menghasilkan kelapa dalam jumlah sangat banyak. Alhasil beberapa negara sampai disebut sebagai lokasi penghasil kelapa terbesar di dunia.

 BACA JUGA: 10 Negara Tujuan Utama Ekspor Pakaian Jadi Indonesia, AS Masih Merajai

Kira-kira ada di mana saja? Simak daftar 5 negara penghasil kelapa terbesar di dunia :

1. Brasil

Dalam satu tahun, Brasil mampu menghasilkan buah kelapa sebanyak 2.9 juta ton. Panen kelapa yang begitu melimpah didukung oleh iklim tropis negara tersebut.

Wajar saja jika Brasil disebut sebagai salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia

 

2. Filipina

Sudah tak heran bila Filipina dikatakan negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Produksi buah kelapanya saja lebih dari 15 juta ton per tahunnya.

Kelapa-kelapa itu sendiri kebanyakan berasal dari Pulau Luzon, Visayas Timur, dan Mindanao Selatan.

 BACA JUGA: 5 Negara Mengonsumsi Ikan Asin, Ada Kawasan Eropa Loh

3. India

India menjadi salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Bayangkan saja produksi kelapa di sana bisa menyentuh angka 11.9 juta ton.

Beberapa daerah yang menjadi tempat penghasil kelapa di India antara lain ada Kerala, Tmil Nadu, dan Goa.

4. Sri Lanka

Iklim negara Sri Lanka sangat cocok untuk pohon kelapa tumbuh subur. Alhasil, Sri Lanka menjadi satu dari beberpaa negara penghasil kelapa terbesar di dunia.

Setiap tahunnya, tercatat sekitar 2.5 juta ton kelapa dari Sri Lanka berhasil dipanen

 Ilustrasi

5. Indonesia

Bukan rahasia lagi jika pohon kelapa bertebaran di berbagai wilayah Indonesia. Saking banyaknya, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia.

Dalam satu tahun, Indonesia memproduksi lebih dari 18 juta ton kelapa. Sebagian jumlah kelapa sampai diekspor ke berbagai negara lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini