Share

5 Negara dengan Jumlah Pengguna Media Sosial Terbanyak, Indonesia Termasuk?

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 408 2594774 5-negara-dengan-jumlah-pengguna-media-sosial-terbanyak-indonesia-termasuk-GslB3Rt7Oj.jpg Ilustrasi peta (dok. Freepik)

TERDAPAT lima negara dengan jumlah pengguna media sosial terbanyak. Saat ini, media sosial menjadi platform yang tidak dapat ditinggalkan begitu saja..

Media sosial termasuk platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video. Tak heran, bila saat ini komunikasi dapat sangat mudah meski memiliki waktu dan jarak yang berbeda.

Hootsuite merilis laporan digital dalam skala global yang menjaring berbagai aktivitas yang terjadi di Internet, salah satunya negara-negara yang gemar menggunakan media sosial. Umumnya, media sosial yang sedang banyak digunakan saat ini adalah Facebook dan Instagram.

Lantas, lima negara mana saja yang memiliki jumlah pengguna media sosial terbanyak? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

infografis

Jumlah pengguna Facebook:

India: 270 juta

Amerika Serikat (AS): 240 juta

Indonesia: 140 juta

Brazil: 130 juta

Mexico: 85 juta

Perlu diketahui, dalam skala negara, Indonesia masuk dalam urutan nomor tiga, sementara dalam skala kota, Jakarta menjadi kota terbesar nomor dua di dunia yang memakai Facebook. Tercatat ada 20 juta orang memakai Facebook di Jakarta.

Meski penduduk Jakarta hanya 10 juta, tetapi besar kemungkinan angka 20 juta akibat adanya warga kota sekitar Jakarta yang sehari-hari beraktivitas di ibukota. Sementara kota dengan pengguna Facebook tertinggi adalah Bangkok dengan 25 juta pengguna.

Jumlah pengguna Instagram:

AS: 120 juta

Brazil: 61 juta

India: 59 juta

Indonesia: 56 juta

Turki: 34 juta

Adapun untuk media lain seperti Twitter, pengguna Indonesia tidak masuk lima besar. Yang masuk lima besar justru penduduk Jepang dan Arab Saudi dengan masing-masing memiliki 50,9 juta dan 10,8 juta pemakai Twitter.

Indonesia bahkan berada di peringkat 12 dengan jumlah pengguna 6,6 juta, diikuti dengan Filipina (5,6 juta pengguna), dan Korea Selatan (5,3 juta pengguna). (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini