Share

Sandiaga Minta Agen Travel yang Tipu Wisatawan di Labuan Bajo Ditindak Tegas!

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 406 2595533 sandiaga-minta-agen-travel-yang-tipu-wisatawan-di-labuan-bajo-ditindak-tegas-OhhV37KniI.jpg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta agar diberi tindakan tegas terhadap oknum agen wisata atau travel agent yang menipu wisatawan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), .

"Tindakan tegas sangat diperlukan terhadap agen wisata abal-abal yang menipu wisatawan, karena jika tidak, maka bisa merusak nama baik pariwisata yang sedang giat dibangun di NTT, khususnya Labuan Bajo Destinasi Wisata Super Premium," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Selasa (17/5/2022).

 BACA JUGA: Tipu Turis di Labuan Bajo, Agen Wisata Bodong Harus Ditindak Tegas!

Beberapa waktu lalu, agen perjalanan wisata Komodo Experience diduga menipu satu keluarga wisatawan asal Jakarta yang liburan di Labuan Bajo, dengan kerugian mencapai Rp46 juta.

Penipuan terhadap wisatawan di Labuan Bajo yang dilakukan agen travel bukan kali ini saja terjadi.

 

Pada Januari 2022, penipuan juga dilakukan oleh agen travel ilegal Cakrawala Traveller asal Bogor, Jawa Barat, dengan cara tidak membayarkan biaya kapal wisata saat wisatawan menyewa kapal.

Menurut Sandiaga, Badan Otorita Labuan Bajo Flores (BOLBF) telah mendata travel agent resmi yang bisa diakses wisatawan. Data tersebut, telah disiapkan melalui akses registrasi online untuk mempermudah akses wisatawan terhadap travel agent resmi.

 BACA JUGA: 5 Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Labuan Bajo, Liburannya Makin Berkesan

Selain itu, lanjut dia, sekaligus upaya kami menghindarkan wisatawan dari hal-hal yang merugikan mereka saat berlibur ke Labuan Bajo. Pihaknya juga mendata, sejauh ini sudah ada 263 travel agent resmi yang bisa dijadikan panduan rekomendasi berlibur aman bagi para wisatawan.

"Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Labuan Bajo dapat melihat referensi dan mendaftar ke registration.labuanbajoflores.id," pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) NTT, Zet Sony Libing mengatakan bahwa memberi perhatian serius terhadap kasus tersebut karena mencoreng nama baik pariwisata di NTT, dengan melaporkan oknum penipu ke aparat kepolisian.

"Proses hukum ini penting untuk memberikan efek jera bagi pelaku sekaligus mengingatkan pihak lain agar tidak melakukan hal serupa," katanya.

 Ilustrasi

Selain itu, Disparekraf juga melakukan tindakan administratif dengan menelusuri legalitas agen wisata, sehingga jika agen tersebut terdaftar, maka izin operasinya akan dicabut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini