Share

TMII Kembali Ditutup hingga September 2022, Ini Alasannya

Antara, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 406 2595613 tmii-kembali-ditutup-hingga-september-2022-ini-alasannya-Ox8t4VBHro.jpg Istana Anak-Anak Indonesia di TMII, Jakarta Timur (Antara/Aprilla Dwi Adha)

PENGELOLA Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, kembali menutup operasional tempat wisata tersebut mulai 17 Mei hingga September 2022, untuk proses revitalisasi.

"Iya benar ditutup mulai hari ini sampai dengan September 2022," kata Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

 BACA JUGA: Kembali Dibuka, Ini 7 Spot Menarik di TMII Cocok Dinikmati saat Libur Lebaran

Sedana menjelaskan, saat ini proses revitalisasi TMII masih berlanjut dan ditargetkan rampung pada Oktober 2022 untuk menyambut kegiatan G20.

Dia mengatakan proses revitalisasi TMII secara keseluruhan telah mencapai 36,02 persen.

 

Progres revitalisasi terbesar saat ini untuk penanganan jalan di kawasan TMII.

Sebelumnya, selama proses revitalisasi TMII telah beberapa kali buka secara terbatas untuk umum pada 30 April - 8 Mei 2022.

 BACA JUGA: TMII Direnovasi Besar-besaran, Museum dan Anjungan Dipugar Demi Kembalikan Daya Tarik Wisatawan

Kemudian TMII kembali dibuka pada 9 - 16 Mei 2022 dengan kapasitas pengunjung hanya 50 persen untuk menampung minat masyarakat berlibur saat momen Lebaran.

TMII merupakan destinasi wisata seluas 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.

Di TMII terdapat danau buatan yang menjadi miniatur kepulauan Indonesia. Gugusan pulau pada danau itu menggambarkan wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Selain itu, terdapat anjungan daerah yang menunjukkan kekayaan seni dan budaya setiap suku bangsa di 33 provinsi Indonesia. Mulai dari bentuk rumah adat, busana daerah, peninggalan budaya lainnya, sampai atraksi keseniannya.

Ilustrasi

Beberapa kegiatan hiburan di Taman Mini Indonesia Indah yang diminati pengunjung antara lain kereta gantung, Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku, Istana Anak-anak Indonesia, sampai aula untuk menggelar pertemuan atau resepsi.

Kini, pengelolaan TMII diambil alih oleh pemerintah. Sebelumnya, dikelola oleh Yayasan Harapan Kita yang didirikan oleh mendiang istri Presiden ke-2 RI Soeharto, Tien Soeharto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini