Share

Keunikan Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi Punya 1.000 Patung Penari

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 408 2595410 keunikan-taman-gandrung-terakota-banyuwangi-punya-1-000-patung-penari-U6MRIn76Od.jpg Patung penari gandrung di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi, Jawa Timur (Facebook Semangat Banyuwangi)

BANYUWANGI punya banyak seni tari, salah satunya Gandrung; tarian selamat datang untuk beragam kegiatan. Dulu, tarian Gandrung sebagai bentuk persembahan masyarakat agraris kepada Dewi Sri alias Dewi Padi ataupun kesuburan.

Saking populer dan seolah sudah melekat pada identitas Banyuwangi, ada sebuah taman yang menyuguhkan 1.000 patung penari Gandrung. Lokasi wisata itu disebut Taman Gandrung Terakota.

 BACA JUGA: Libur Waisak 2022, Wisatawan Domestik Banjiri Bali

Menurut situs resmi gandrungterakota.com , taman ini sebagai situs budaya guna melestarikan ikon seni Banyuwangi, Tari Gandrung.

Sesuai namanya patung-patung penari terbuat dari tembikar atau terakota. Mereka tampak mengenakan busana tari berdiri sambil menekuk dan meliukkan tangan ke atas persis seperti sedang menari.

 Ilustrasi

Patung Penari di Taman Gandrung Terakota (Instagram Yuwan Yuca)

Setiap patung diletakan beberapa sudut pinggir sawah. Tapi ada pula yang berada di tengah persawahan.

Area tengah sawah Taman Gandrung Terakota dapat dijumpai pula Amfiteater terbuka. Tempat itu diperuntukan bagi aneka acara pentas kesenian Bayuwangi.

 BACA JUGA: 4 Destinasi Wisata Religi untuk Perayaan Hari Waisak, Pesonanya Memanjakan Mata

Jika diperhatikan, lokasi patung tersebut memang dikelilingi hamparan sawah hijau yang luas dan memanjakan mata. Patung-patung tersebut ditata hingga seolah menyatu dengan alam.

Walaupun nama lokasi wisata ini menyematkan kata 'Gandrung' , tapi pengunjung tentu saja bukan cuman disuguhkan pemandangan 1000 patung penari. Pemdangau bukit hijau, kebun kopi, serta beragam tanaman endemik siap membuat suasana hati terasa tenang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain itu ada pula beberapa tempat yang cocok disinggahi bersama keluarga maupun teman. Misalnya saja Roemah Tjokelat Ijen, Roemah Oleh-oleh, maupun cafe.

Untuk bisa menikmati suasana asri Taman Gandrung Terakota, kamu bisa langsung mendatangi kawasan Krajan, Tamansari, Kec. Licin, Kabupaten Banyuwangi. Lantaran memiliki letak di kaki Gunung Ijen, mata kamu juga akan langsung ditujukan visual gunung Merapi dan Meranti.

 Ilustrasi

Terlebih, ketika mengahapkan pandangan ke arah timur, Selat Bali dengan air kebiruan siap membuat mulut berdecak kagum.

Jadi, sudah memutuskan liburan ke Taman Gandrung Terakota?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini