Share

Mengintip Gua Surowono Kediri, Lorong Bawah Tanahnya Menyimpan Bebatuan Emas

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 408 2596092 mengintip-gua-surowono-kediri-lorong-bawah-tanahnya-menyimpan-bebatuan-emas-UjjxdS0Qew.jpg Gua Surowono di Kediri (Youtube)

GUA Surowono yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur memiliki sederet keunikan sehingga layak jadi destinasi wisata.

Gua Surowono berada di bawah area pepohonan bambu dan perlu menyusuri anak tangga untuk bisa mencapai pintu masuknya.

“Ini barongan pring, di bawah pohon bambu ada goanya,” kata traveler dalam video kanal YouTube Kuno Brono.

Di sekitar anak tangga itu, terdapat tumpukan batu bata kecil seukuran tahu yang tersusun layaknya candi. Tak heran, karena lokasinya sendiri yang berdekatan dengan Candi Surowono.

Saat mendekati pintu masuk, pengunjung akan disambut arus sungai yang punya air sangat jernih dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, bebatuan yang ada di area sekitarnya begitu indah karena menyerupai batu emas.

“Airnya jernih, dan batunya ada bebatuan emas,” ujar vlogger tersebut.

Menariknya, jalan menuju ke dalam gua tersebut ditutup pagar besi yang digembok, yang konon demi alasan keselamatan pengunjung karena dikhawatirkan akan tersesat jika tanpa seorang pemandu.

Ilustrasi

Tidak hanya itu saja, diyakini bahwa Gua Surowono menyimpan harta karun seiring dengan keberadaan bebatuan emas yang sudah langsung terdapat di area sebelum pintu masuk gua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini