Share

Hasil Investigasi AS Sebut Pesawat China Eastern Jatuh karena Unsur Kesengajaan

Antara, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 406 2596501 hasil-investigasi-as-sebut-pesawat-china-eastern-jatuh-karena-unsur-kesengajaan-8rjkvAKA5E.JPG Tim SAR mencari sisa puing pesawat China Eastern yang jatuh di Guangxi (Foto: Xinhua via AP)

OTORITAS penerbangan China menanggapi dugaan yang mengemuka soal kemungkinan ada faktor kesengajaan pada jatuhnya pesawat China Eastern nomor penerbangan MU-5735 dari ketinggian hampir 9.000 meter di Daerah Otonomi Guangxi pada 21 Maret silam.

Badan Keamanan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) bersama Badan Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) memastikan tidak merilis informasi hasil investigasi penyebab jatuhnya pesawat jenis Boeing 737-800 milik maskapai China Eastern Airlines tersebut.

NTSB menyatakan pihaknya akan memberikan bantuan teknis secara profesional dalam mengidentifikasi penyebab kecelakaan, menurut pernyataan CAAC yang dimuat Global Times.

Infografis Bagian Pesawat yang Terlarang Didekati

CAAC mengeluarkan pernyataan tersebut untuk menanggapi pemberitaan Wall Street Journal (WSJ) bahwa perekam data penerbangan yang ditemukan dari lokasi kecelakaan yang dikirim ke AS untuk dianalisis menunjukkan bahwa seseorang – mungkin pilot atau seseorang yang memaksa masuk ke kokpit – memberikan perintah agar posisi pesawat menukik.

"Pesawat melakukan apa yang diperintahkan oleh seseorang di kokpit," kata sumber yang mengetahui penilaian pendahuluan para ahli di NTSB kepada WSJ.

Menurut CAAC, pihaknya mengundang NTSB sebagai investigator karena pesawat nahas tersebut dirancang bangun di AS.

Hal tersebut sesuai dengan Konvensi Penerbangan Sipil Internasional. CAAC berjanji akan merilis semua informasi terkait hasil investigasi.

Posisi pesawat berada dalam keadaan vertikal saat jatuh menghunjam ke perbukitan Guangxi dalam perjalanan dari Kunming menuju Guangzhou di wilayah selatan China pada siang hari 21 Maret.

Tak seorang pun dari 132 penumpang dan awak di dalam pesawat tersebut yang selamat. Tanaman hutan di lokasi kecelakaan juga ludes terbakar beberapa saat setelah MU-5735 jatuh.

Jatuhnya pesawat penumpang domestik tersebut menjadi catatan terburuk kecelakaan udara di China dalam 12 tahun terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini