Share

7 Gorengan Mirip Bakwan Sayur dari Berbagai Negara, Gurih dan Renyah!

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 301 2597393 7-gorengan-mirip-bakwan-sayur-dari-berbagai-negara-gurih-dan-renyah-DlyfSVUNAw.jpg Bakwan sayur (Instagram @susan_mellyani)

ADA 7 gorengan mirip bakwan sayur dari berbagai negara. Bakwan atau bala-bala salah satu gorengan paling populer di Indonesia yang disukai berbagai kalangan. Menjadi camilan saat santai, di sela bekerja, hingga untuk makanan buka puasa.

Bakwan terdiri dari campuran sayuran, seperti kol, labu, wortel, toge. Kemudian diberi tepung dan bumbu-bumbu, lalu digoreng dengan minyak panas. Sebagian ada juga yang ditambah topping lainnya, misalnya udang, sosis atau potongan daging ayam.

Ternyata di tujuh negara ini juga mempunyai makanan yang mirip dengan bakwan, lho. Berikut seperti MNC Portal merangkum dari berbagai sumber:

1. Pakora - India dan Pakistan

India dan Pakistan adalah negara yang berdampingan. Meskipun berbeda budaya, namun keduanya memiliki beberapa jenis makanan yang sama. Salah satunya yaitu pakora, disebut-sebut sebagai bakwan di negeri tersebut.

 BACA JUGA: Resep Bakwan Khas Pontianak, Cobain Deh Mumpung Lagi Viral!

Pakora memiliki rasa dan aroma rempah yang lebih kuat dibandingkan "bakwan sayur" dari negara lainnya. Selain itu, pokara juga menggunakan tepung gram atau besan yang terbuat dari kacang-kacangan.

 Ilustrasi

Pakora

Sementara untuk sayur yang digunakan cukup beragam, seperti kentang, bawang bombay, wortel, hingga paprika hijau. Agar lebih terasa aroma Indianya, diberi juga tambahan masala, ketumbar, dan bubuk cabai.

2. Kulkith Keftedes - Yunani

Selanjutnya adalah kulkith keftedes, bakwan dari Yunani ini merupakan salah satu hidangan tradisional yang kaya akan rempah-rempahnya. Zucchini parut menjadi bahan utamanya sementara adas, pala, dan keju feta memberikan aroma serta cita rasa unik. Selain itu ditambah pula yang menambahkan mint dan bawang merah.

Adonan makanan ini terbuat dari tepung terigu, dan tzatziki sebagai sausnya. Saus tersebut berbahan yogurt, timun parut, bawang putih, merica, dan minyak zaitun. Ada pula yang menambahkan cuka anggur merah atau perasan lemon.

3. Yachaejeon - Korea

Pecinta makanan Korea tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Yachaejeon atau dikenal sebagai pancakenya Korea, terbuat dari sayuran.

 BACA JUGA: 7 Gorengan Terunik dari Berbagai Negara, Cocok Buat Takjil

Bahan-bahan yang dibutuhkan hampir serupa dengan pembuatan bakwan sayur khas Indonesia. Namun yang menariknya Yachaejeon ditambahkan ubi jalar.

 

Untuk cocolannya makanan ini menggunakan campuran kecap asin, cuka, dan minyak wijen. Jika ingin saus dengan rasa pedas, dapat menambahkan cabai bubuk di dalamnya.

4. Grumble Kiechle - Prancis

Ternyata Prancis juga punya bakwan lho. Grumble Kiechle namanya, tapi bahan dasarnya adalah kentang. Berbeda dengan perkedel, bakwan ala Prancis ini menggunakan kentang yang diparut kasar. Serta campuran bawang bombay dan peterseli cincang.

Sementara itu untuk adonannya, terbuat dari tepung terigu, lada, dan telur. Grumble Kiechle disantap dengan mayonaise, atau bisa juga ditambah saus lainnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Latkes - Eropa Tengah dan Timur

Latkes merupakan kuliner yang disajikan saat Hanukkah. Terbuat dari kentang russet, dan jadi bakwannya warga Eropa Tengan dan Timur. Untuk adonannya, makanan ini menggunakan tepung serbaguna dengan bumbu garam dan lada. Kemudian telur dan daun bawang yang dicincang.

Menariknya bakwan asal Eropa ini menggunakan saus yang tidak biasa, seperti saus apel dan krim asam, sehingga memberi perpaduan rasa unik pada makanan satu ini.

6. Okoy - Filipina

Okoy merupakan bakwannya Filipina, kerap dijadikan camilan atau makanan pembuka. Jika diperhatikan, makanan ini sekilas mirip bakwan sayur lho. Umumnya bahan dasar yang digunakan yaitu tauge dan udang.

 Ilustrasi

Biasanya okoy dijual di pedagang kaki lima, sama seperti penjual gorengan bakwan di Indonesia. Sus untuk menyantap makanan ini menggunakan irisan bawang bombay, daun bawang, kecap ikan, dan cuka.

7. Kakiage - Jepang

Pecinta makanan Jepang, pasti tahu dengan gorengan dari Negeri Sakura tersebut. Kakiage biasanya menjadi makanan pendamping, terbuat dari sayuran yang dipotong tipis dan digoreng dengan adonan tempura. Selain wortel, bawang bombay juga menjadi bahan utamanya.

Untuk menyantap kakiage cukup sederhana, tinggal ditambah sedikit taburan garam atau saus khasnya yang terbuat dari campuran dashi, mirin, dan kecap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini