Share

Termasuk Indonesia, Ini 5 Negara dengan Tingkat Inflasi Terjaga

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 408 2597473 termasuk-indonesia-ini-5-negara-dengan-tingkat-inflasi-terjaga-YXAKq06hQK.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

ADA 5 negara dengan tingkat inflasi terjaga dan Indonesia termasuk di dalamnya. Inflasi termasuk kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Perlu diketahui, kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya.

Selama pandemi Covid-19, setiap negara maju mengalami inflasi yang cukup melonjak di dunia. Hal ini disebabkan lantaran pandemi yang berkepanjangan, tensi geopolitik dan kelangkaan pasokan.

Namun, tak sedikit pula negara yang mampu menjaga tingkat inflasinya. Lantas, negara mana saja yang mampu menjaga tingkat inflasinya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Jepang

Jepang menjadi salah satu negara yang berhasil mempertahankan ekonomi negaranya dengan tingkat inflasi yang stabil. Negara Sakura ini mampu menjaga tingkat inflasi tetap berada di angka 1,2 persen. Nilai ini didapatkan Jepang hingga April 2022 dan dibandingkan dengan bulan tahun lalu atau year-on-year.

Arab Saudi

Adapun negara Asia kedua yang berhasil menjaga stabilitas ekonominya adalah Arab Saudi. Negara ini memiliki tingkat inflasi hanya 2 persen yang membuatnya mampu mengelola ekonomi negara dengan baik.

China

China juga termasuk negara Asia yang masuk dalam deretan negara yang mampu bertahan dari gempuran inflasi. Negara ini mampu menjaga tingkat inflasi tetap rendah dan tentunya stabil yaitu di angka 2,1 persen year-on-year.

Swiss

Swiss menjadi satu-satunya negara Eropa yang dilaporkan mampu menjaga stabilitas ekonominya dengan baik per April 2022. Bahkan, negara satu ini mampu menjaga tingkat inflasi negaranya berada di angka 2,5 persen year-on-year.

Ilustrasi

Indonesia

Indonesia menjadi negara di ASEAN yang ternyata juga hingga April 2022 berhasil menjaga tingkat inflasi negara di angka 3,47 persen year-on-year. Meski begitu, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) angka ini merupakan tingkat inflasi tertinggi sejak bulan Agustus 2019 lalu untuk negara Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini