Share

Rowo Bayu Banyuwangi, Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 408 2597562 rowo-bayu-banyuwangi-lokasi-asli-kkn-di-desa-penari-f0vzAd5Ms5.jpg Rowo Bayu Banyuwangi, lokasi asli KKN Desa Penari

ROWO Bayu Banyuwangi, lokasi asli KKN di Desa Penari. Sejak viralnya cerita KKN Desa Penari hingga diangkat dalam film layar lebar, banyak yang penasaran dengan letak lokasi desa tersebut.

Desa KKN itu bernama Rowo Bayu di Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi ini dibongkar oleh salah satu aparatur desa dan mengungkapkannya kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Lalu apa itu Rowo Bayu?

 BACA JUGA: 5 Cerita Mirip KKN di Desa Penari di Indonesia, Horornya Bikin Merinding

Dihimpun dari berbagai sumber, Rowo Bayu sejatinya merupakan wanawisata alam dengan sebuah telaga di antara rimbunan pohon tua tinggi menjulang. Lokasinya berada di sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi, atau sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Berada di kawasan lereng gunung, suasana Rowo Bayu begitu tenang dan sunyi. Di sekitar telaga yang dikenal dengan sebutan rowo dalam bahasa Jawa ini memang banyak pohon tua dan petilasan, sehingga cocok untuk kegiatan menyepi bagi orang yang memiliki tujuan tertentu.

 

Kawasannya sunyi, ditambah kabut tipis yang menambah suasana sunyi mencekam. Tercium wangi dupa yang Anda lihat sejak di pintu masuk. Suasana ini akan membuat siapapun jadi merinding.

Terdapat juga petilasan Prabu Tawang Alun, stupa dan candi serta makam kuno yang berada di sekitar telaga, menggenapi suasana mistis yang teramat mendalam.

 BACA JUGA: Penasaran Lokasi Syuting KKN di Desa Penari? Ternyata Begini Kondisinya

Petilasan Prabu Tawang Alun memiliki ukuran sekitar 4x4 meter. Di dalamnya terdapat semacam tempat duduk dari batu yang konon sebagai tempat bertapa Prabu Tawang Alun.

Hingga kini, Rowo Bayu masih menjadi jujugan warga untuk melaksanakan ritual tertentu. Selain itu, keberadaan lima sumber mata air yang terus mengalir juga dipercaya memiliki energi mistis dan kasiat berbeda.

Lima sumber air tersebut diantaranya bernama mata air Kaputren, Dwi Gangga, Sumber Rahayu, Panguripan dan sumber kamulian.

Juru Kunci Rowo Bayu, Saji mengatakan, hingga saat ini Rowo Bayu masih menjadi pilihan sebagian orang untuk berwisata religi. Lalu sebagian ada yang mempercayai, bahwa Prabu Tawang Alun masih berada di dalam petilasan yang hidup kasat mata.

 Ilustrasi

Menurutnya, pertapaan ini terdapat sejarah yang melekat. Dahulu, pada 1659 Prabu Tawang Alun ditunjuk menggantikan ayahnya Pangeran Kedawung untuk menjadi Rasa. Wilayah kekuasannya meliputi Jember, Lumajang, Bondowoso dan Panarukan. Namun, saudaranya iri.

Akan tetapi karena khawatir terjadi pertumpahan darah dan mengganggu ketentraman, Prabu Tawang Alun akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Wilo Broto.

"Sejak saat itu, Prabu Tawang Alun meninggalkan kerajaan dan bertapa di sini," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini