Share

3 Negara Paling Lama Dijajah di Dunia, Tak Cuma Indonesia Loh

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 408 2597766 3-negara-paling-lama-dijajah-di-dunia-tak-cuma-indonesia-loh-K7S5jYfAVy.jpg Ilustrasi peta (dok. Freepik)

TAK hanya Indonesia, terdapat tiga negara lainnya yang paling lama dijajah di dunia loh.

Praktik kolonialisme telah muncul sejak zaman kerajaan kuno, yang antara lain dilakukan oleh Yunani Kuno, Roma Kuno, dan Mesir Kuno. Di permulaan abad ke-15, jejak kolonialisme mulai diukir Portugal.

Dengan misi menemukan jalur perdagangan dan peradaban di luar Eropa, Portugis kemudian menaklukkan wilayah-wilayah temuannya. Tak menunggu lama, negara lain mengikuti langkah Portugis. Inggri, Belanda, Prancis berlomba-lomba meluaskan kerajaannya dengan menjajah bangsa lain.

Mereka berusaha menguasai semua yang dimiliki wilayah negara tersebut, seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia, dalam kurun waktu yang lama. Berikut beberapa negara yang paling lama dijajah.

infografis

1. Filipina

Negara yang terletak di Lingkar Pasifik Barat ini memiliki ibu kota Manila. Filipina pernah dijajah oleh Spanyol selama 300 tahun. Spanyol berhasil menguasai Kepulauan Filipina sejak abad ke-16. Penjajahan yang dilakukan Spanyol ini identik dengan pendirian pusat-pusat ajaran Katolik. Selain itu, Spanyol juga melakukan pemerasan kepada petani-petani dan menguasai lahan rakyat dengan sewenang-wenang. Pada tahun 12 Juni 1898, Filipina berhasil bebas dari kolonialisme Prancis. Namun selanjutnya Amerika Serikat (AS) berhasil menguasai Filipina sampai tahun 1946.

2. Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah, sehingga banyak bangsa Eropa seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Prancis melakukan penjajahan di Indonesia. Belanda adalah negara yang melakukan penjajahan paling lama di Indonesia. Belanda pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1596 dan menjajah Indonesia selama 350 tahun.

Namun, lama waktu Belanda menjajah Indonesia ini masih kerap menjadi perdebatan. Seorang ahli hukum internasional, GJ Resink, memberikan pendapatnya lewat karyanya bertajuk “Indonesia’s History Between the Myths”. Ia tidak setuju mengenai Indonesia yang dijajah Belanda selama 350 tahun.

Belanda dapat melakukan penjajahan yang lama di Indonesia karena mereka berhasil melakukan monopoli ekonomi pada saat itu dengan mendirikan serikat dagang VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie) atau Persekutuan Maskapai Perdagangan Hindia Timur pada 20 Maret 1602. Dengan VOC, Belanda melakukan implementasi ekonomi yang banyak merugikan pribumi, seperti politik adu domba jika ada sengketa di kerajaan.

3. Malaysia

Malaysia merupakan negara dengan letak geografis strategis dan memiliki banyak sumber daya alam kelautan dan perkebunan. Hal ini tentu menarik perhatian bangsa Eropa. Portugis masuk ke Malaysia pada tahun 1511. 

Malaysia dijajah Portugis selama lebih dari 400 tahun. Malaysia juga pernah dijajah Belanda, karena Belanda berhasil membuat Malaysia masuk ke dalam penguasaan kongsi dagang Belanda (VOC) pada tahun 1641. Bangsa Eropa lainnya yang pernah menjajah Malaysia adalah Inggris, yang mulai mendirikan kekuasaannya di wilayah semenanjung Malaya pada tahun 1786. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini