Share

5 Fakta Rowo Bayu Banyuwangi, Diduga Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 408 2597808 5-fakta-rowo-bayu-banyuwangi-diduga-lokasi-asli-kkn-di-desa-penari-WbEEBKf6Kj.jpg Misteri Desa Rowo Bayu Banyuwangi (dok iNews)

TERDAPAT lima fakta Desa Rowo Bayu Banyuwangi yang diduga lokasi asli film KKN di Desa Penari menarik untuk dikupas untuk mengobati rasa penasaran anda. Pasalnya, film KKN di Desa Penari sedang ramai diperbincangkan di jagad maya.

Sampai saat ini, film KKN di Desa Penari tercatat sudah ditonton sebanyak 6 juta orang. Meski demikian, sang penulis masih belum memberikan klarifikasi mengenai lokasi aslinya.

Sehingga banyak penggemar yang berspekulasi dan menebak-nebak lokasi Desa Penari ini. Salah satunya adalah di Desa Rowo Bayu Banyuwangi.

5 Fakta Desa Rowo Bayu Banyuwangi yang Diduga Lokasi Asli Film KKN di Desa Penari

Erick Thohir tertarik dengan desa ini

Semenjak netizen menebak-nebak Desa Rowo Bayu di Banyuwangi sebagai lokasi KKN di Desa Penari, ternyata menarik sosok Menteri BUMN Erick Thohir. Beliau bahkan mengundang salah satu tokoh dari desa tersebut untuk diwawancarai lalu diunggah pada akun instagramnya.

infografis

Merupakan kisah nyata

Sudirman, salah satu tokoh dari Desa Rowo Banyu yang juga seorang penjaga kawasan wisata religi di desa tersebut mengatakan jika kejadian KKN ini memang nyata dan terjadi di hutan dekat wisata Rowo Banyu pada tahun 2008.

Menewaskan dua orang

Dikisahkan awal mula cerita ini adalah adanya dua mahasiswa yang berpacaran. Mereka berdua menjelajah ke area utara situs Rowo Bayu lalu bertemu sebuah rumah yang setelah di datangi ternyata rumah tersebut berada di Desa Penari.

Ketika pulang dari desa tersebut, mereka dibekali sebuah bingkisan. Saat sampai dan bertemu teman-temannya, mereka berdua menceritakan pengalamannya ini namun tidak ada yang percaya. Saat mereka membuktikan dengan membuka bingkisan yang tadi mereka bawa, isinya adalah sebuah kepala kera. Kemudian beberapa hari setelahnya si pria meninggal dan seminggu kemudian si wanita menyusul.

Tempat wisata

Desa Rowo Bayu dikenal dengan adanya tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Raung. Wisata ini berada di area KRPH Perhutani Banyuwangi Barat. Danau ini juga menjadi saksi perlawanan rakyat melawan penjajah pada masa lalu.

Lokasi perang

Sejumlah sumber mengatakan jika Rowo Bayu merupakan sebuah lokasi terjadinya Perang Puputan Bayu bagi orang-orang Banyuwangi melawan VOC. Perang tersebut menewaskan sekitar 60 ribu jiwa dan disebut sebagai perang terkeji dalam sejarah Nusantara.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini