Share

Dear Traveler, Ini 7 Cara Hemat Upgrade Tiket Penerbangan ke First Class

Ahmad Haidir, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 406 2598774 dear-traveler-ini-7-cara-hemat-upgrade-tiket-penerbangan-ke-first-class-zr7XaITA6r.jpg Pesawat (Reuters)

BAGI penumpang pesawat, fasilitas first class adalah sesuatu yang diidamkan dimana seseorang akan menikmati kursi yang lapang, makanan yang lebih baik, dan bahkan dapat menikmati minuman pra-keberangkatan gratis.

Untuk mendapatkan fasilitas premium tersebut tentu butuh kocek yang lebih tebal. Namun sebenarnya jika Anda ingin duduk di kursi yang terletak pada bagian depan pesawat itu, ada banyak cara untuk upgrade tiket penerbangan ke kursi first class secara hemat, atau bahkan gratis!

Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan 7 cara upgrade tiket penerbangan ke first class dari para pro untuk bisa mendapatkannya dengan harga miring atau bahkan cuma-cuma!

1. Jadi Pelanggan Setia

Berlawanan dengan kepercayaan populer, staf maskapai tidak menawarkan peningkatan kelas satu kepada penumpang yang mereka anggap berpakaian paling modis. Sebaliknya, mereka memberikan kursi kelas satu yang tidak terjual kepada pelanggan mereka yang paling setia.

Jadi, bagaimana Anda menunjukkan kesetiaan Anda? Dengan mengumpulkan mil frequent flyer, penumpang akan sering mendapatkan keutamaan dan penawaran menarik apabila terdapat kursi first class kosong.

2. Gunakan Miles atau Poin Kartu Kredit

Jika anda telah menjadi pelanggan setia pesawat, maka pastikan untuk menukarkan miles anda. Bisa juga dengan menggunakan kartu kredit untuk lebih mendapatkan point lebih banyak tergantung promo dari masing-masing maskapai.

3. Terbang dengan Pendamping Elit

Ada tips lainnya jika anda adalah seorang pelanggan ataupun bukan. Kemungkinan anda untuk ‘dilirik’ akan lebih tinggi ketika terbang dengan rekan yang merupakan ‘kaum elite’, bisa mereka yang kaya raya atau pelanggan tetap maskapai tersebut.

4. Pastikan Reservasi Anda Terpisah

Terkait point nomor 3 itu terbilang agak tricky, dimana untuk peluang terbaik untuk meningkatkan ke kelas satu, paling aman bepergian dengan reservasi terpisah, bahkan jika Anda terbang dengan pendamping.

Namun kelemahan dari strategi ini adalah jika rekan Anda tidak memiliki status sendiri, mereka akan kehilangan kesempatan untuk pindah ke first class jika ruang untuk dua orang tersedia. Jika Anda lebih suka duduk bersama, strategi peningkatan ini mungkin tidak sepadan.

5. Tunggu Hingga Menit Terakhir

Bagi anda yang punya waktu lebih bisa menggunakan trick ini, dimana mendapatkan tiket first class saat maskapai melepaskan kursi yang tidak terjual dengan diskon besar-besaran di menit-menit akhir menjelang jadwal penerbangan.

Maskapai biasanya akan memberi tahu Anda ketika peluang ini tersedia melalui email, aplikasi, konter check-in, atau bahkan di gerbang keberangkatan.

6. Lihat ke dalam sertifikat pemutakhiran global

Jika Anda berencana melakukan perjalanan internasional musim semi ini, Anda mungkin kecewa mengetahui bahwa peningkatan kelas satu jarang terjadi pada penerbangan internasional jarak jauh. Untungnya, ini adalah situasi lain di mana status elit berguna.

Ilustrasi

American Airlines, Delta Airlines, dan United Airlines menawarkan sejumlah terbatas sertifikat peningkatan seluruh sistem atau global yang dapat digunakan untuk meningkatkan ke kelas satu atau bisnis pada penerbangan internasional bersama mereka atau mitra mereka. Alaska Airlines, di sisi lain, mengikuti urutan kekuasaan upgrade yang biasa.

Penting untuk dicatat bahwa sertifikat pemutakhiran sistem dan global dapat ditransfer, jadi mungkin bermanfaat untuk bersahabat dengan seseorang yang telah mencapai status tingkat tertinggi, terutama jika mereka tidak merencanakan perjalanan internasional apa pun di tahun berikutnya.

7. ‘Berteman’ dengan maskapai, dan mereka akan menghadiahi Anda

Cara terakhir yang mungkin bisa berhasil bagi anda yang beruntung. Cobalah untuk ‘berteman’ dengan pihak maskapai dalam artian jalin komunikasi dengan mereka lewat email dan sebagainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini