Share

Tersebar Seantero Bumi, Ini 8 Negara di Dunia yang Dihuni Banyak Orang Indonesia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 408 2598548 tersebar-seantero-bumi-ini-8-negara-di-dunia-yang-dihuni-banyak-orang-indonesia-336yaPAIgH.JPG Aksi demonstrasi TKI di Hong Kong (Foto: Getty Images/AFP)

8 NEGARA di dunia yang banyak dihuni orang Indonesia ini jadi kebanggaan tersendiri. Menjadi salah satu negara yang memiliki penduduk banyak di dunia, masyarakat Indonesia telah lama beremigrasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), emigrasi adalah perpindahan keluar dari suatu negara untuk tujuan hidup atau tinggal menetap di negara lain.

Kebanyakan masyarakat Indonesia yang melakukan emigrasi berniat untuk melakukan studi atau bekerja.

Dari semua negara yang tersebar di penjuru dunia, ada beberapa negara yang dihuni ribuan orang Indonesia. Lantas, negara mana saja yang dihuni ribuan orang Indonesia? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Malaysia

Sebagai negara serumpun dengan Indonesia, Malaysia menjadi negara yang menempati urutan pertama sebagai negara dengan penduduk Indonesia terbanyak. Diperkirakan terdapat sekitar 2,5 juta orang Indonesia yang menetap di negara ini.

Seperti dijelaskan sebelumnya, masyarakat Indonesia yang migrasi ke negara ini cukup beragam, namun yang paling dominan adalah untuk bekerja. 

Arab Saudi

Di Arab Saudi terdapat sekitar 1,5 juta warga negara Indonesia menetap untuk bekerja. Sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia, tak heran bila banyak rakyat Indonesia yang memutuskan menetap dan mencari peruntungan negeri ini.

Infografis Negara Penghasil Wanita Cantik di ASEAN

Belanda

Sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia pada zaman dahulu, Belanda menempati urutan ketiga dengan jumlah warga Indonesia yang menetap ada sekitar 395.000 orang.

Hal ini juga berkaitan dengan keinginan sebagian orang Indonesia yang ingin mendapatkan penghidupan yang lebih baik di Belanda. Ada pula faktor alasan lain seperti bekerja dan menempuh pendidikan lanjuti.

Singapura

Singapura juga termasuk negara yang dihuni banyak warga Indonesia. Adapun karena faktor wilayah yang dekat menjadikan negara kecil ini sebagai tempat liburan dan mencari nafkah. Diperkirakan sekitar 200.000 Warga Negara Indonesia (WNI) ada di Singapura.

Taiwan

Sama halnya dengan Arab Saudi, Taiwan termasuk negara yang menjadi tujuan utama perantau dari Indonesia yang hendak mengadu nasib dengan berprofesi sebagai pekerja migran.

Di negara ini, terdapat kurang lebih 161 orang WNI yang menetap, sehingga menjadikan Taiwan duduk di peringkat kelima dalam kategori ini.

Hong Kong

Bukan berita baru jika Hong Kong menjadi negara tujuan bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Terdapat sekitar 102.100 WNI yang menetap di Hong Kong untuk bekerja. Ada pula yang datang ke negara ini untuk menempuh pendidikan lanjut.

Suriname

Selain Indonesia, tentara kolonial juga memiliki tanah jajahan di Suriname. Untuk memaksimalkan potensi negara kecil itu, dikirimlah orang-orang Indonesia untuk menjadi buruh tani di sana, yang mayoritas berasal dari Jawa.

Kala itu cukup banyak orang Indonesia oleh Belanda dikirim ke Suriname, yakni sekitar 15 persen dari total populasi. Mereka akhirnya menetap di sana dalam jangka waktu yang lama bahkan hingga saat ini.

Meski jauh dari tanah kelahirannya, orang-orang Jawa Suriname tetap setia melestarikan budayanya sebagai identitas asal mereka menggunakan bahasa Jawa.

Infografis Negara dengan Paspor Terkuat

Australia

Selain Asia, Eropa dan Amerika, orang Indonesia juga banyak menetap di benua Australia. Dilihat dari sejarahnya, ternyata sudah banyak para pelaut Indonesia dahulu melakukan penjelajahan di sepanjang garis pantai negeri kanguru itu.

Seperti di tahun 1.900, para pelaut Bugis dengan kapal phinisi kebanggaannya pernah melakukan pelayaran ke Australia. Aktivitas pelayaran itu dijadikan aktivitas rutin tahunan. Bahkan ada yang rela menetap berbulan-bulan di sana.

Dari situlah banyak orang Indonesia berada di Australia. Di era saat ini juga banyak orang Indonesia hijrah ke Aussie untuk menempuh pendidikan ataupun bekerja.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini