Share

6 Destinasi Wisata Alam Laut di Sekitar Makassar, Pesonanya Memanjakan Mata

Antara, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 408 2598607 6-destinasi-wisata-alam-laut-di-sekitar-makassar-pesonanya-memanjakan-mata-Upc5ORkTmv.jpg Ilustrasi traveling (dok Freepik)

INGIN plesiran ke Makassar, Sulawesi Selatan? Cek dulu rekomendasi enam destinasi wisata alam laut yang bisa dikunjungi.

Kota besar di Sulawesi Selatan ini ternyata dipenuhi oleh ragam pulau dan pantai yang sangat cantik dan siap dikunjungi sebagai destinasi wisata Anda berikutnya. Untuk menuju Makassar, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan jalur transportasi.

Di antaranya, ada jalur transportasi udara yang paling mudah digunakan, terutama bagi Anda yang berangkat dari luar pulau Sulawesi.

Bagaimana? Sudah siap untuk mengeksplorasi alam laut Makassar? Sebelum itu, mari lihat beberapa rekomendasi destinasi wisata alam Sulawesi Selatan di bawah ini untuk referensi Anda dulu, ya.

1. Pulau Gusung

Pulau Gusung ini adalah bagian dari Kepulauan Selayar yang berada bagian bawah daerah Makassar. Dengan pasir putih cantik dengan pantulan cahaya biru pada air laut yang jernih, Pulau Gusung ini tentu saja menjadi salah satu incaran para turis yang berkunjung ke daerah Sulawesi Selatan.

Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan jasa transportasi perahu yang telah tersedia. Meski perlu mengocek kantong agak dalam, namun rasanya sebanding dengan perasaan senang yang didapat saat bersantai di Pulau Gusung ini.

Tak sampai setengah jam, Anda sudah bisa sampai ke pulau yang terbentuk dari tumpukan pasir yang kian membesar seiring waktu, lho. Jika Anda suka mengisi feed media sosial dengan foto dan video keindahan alam, jangan lupa siapkan waktu untuk berfoto saat menyusuri cantiknya jalur pasir putih yang terapit laut di kedua sisinya, ya.

Lokasi: Bontolebang, Bontoharu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

infografis

2. Pantai Akkarena

Ingin menikmati sunset dari tepi pantai? Pantai Akkarena bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tak hanya pemandangan matahari terbenam yang luar biasa, Anda juga bisa menikmati olahraga air jet ski atau sekedar duduk-duduk sambil jajan di tempat kuliner yang ada di pinggiran pantai. Kebanyakan makanan yang akan Anda temukan adalah ikan segar dengan cita rasa pedas nikmat yang menggugah selera.

Suka berfoto? Di sini juga ada Dermaga Cinta yang merupakan jembatan kayu pendek menuju tempat untuk melihat-lihat laut yang telah diwarnai dengan cat warna warni yang menarik perhatian!

Lokasi: Jalan Tanjung Bunga, Tj. Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

3. Pulau Kayangan

Siapa sangka, ternyata keindahan pulau Sulawesi Selatan satu ini sudah banyak dikenal dan diakui oleh para turis lokal maupun internasional, lho! Pulau kayangan namanya. Katanya, nama pulau ini sendiri didapat berkat keindahannya yang membuat jatuh hati.

Pulau kecil yang berada dekat dengan pesisir kota Makassar ini kini telah dikelola dengan baik untuk semakin menarik hati para pengunjungnya. Pulau ini memiliki fasilitas kafe yang nyaman di mana Anda dapat menikmati beragam santapan sedap sambil menikmati deburan ombak.

Rasanya, tak hanya raga, jiwa pun ikut tersegarkan. Setuju?

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

4. Pulau Bulupoloe

Agak jauh dari Makassar, Pulau Bulupoloe ini masih berada di wilayah Sulawesi Selatan dan tidak memerlukan perjalanan laut yang lama. Pulau satu ini memiliki kekayaan alam yang cukup lengkap, Anda bisa menikmati indahnya pegunungan, pasir pantai yang putih dan bersih, hingga pemandangan alam lainnya yang tak kalah menarik hati.

Jika Anda cukup lama berada di daerah Sulawesi Selatan, tak ada salahnya untuk coba mengunjungi Pulau satu ini. Apalagi bagi Anda yang selalu haus akan pemandangan alam yang spektakuler, pastikan Pulau Bulupoloe ada dalam list atas perjalanan Anda, ya!

Lokasi: Harapan, Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan

5. Pantai Galesong Utara

Ingin menikmati pantai, namun sambil berenang di kolam renang? Bisa! Pantai Galesong Utara memiliki penginapan yang dilengkapi fasilitas kolam renang. Mengelilingi kolam renangnya, ada deretan gazebo yang bisa Anda tempati untuk duduk santai menikmati ombak yang saling berkejaran. Ingin bersantai lebih dekat lagi dengan pinggiran pantai? Ada juga deretan kursi malas di bawah pohon-pohon yang berjajar di areanya.

Dalam area pantai ini, Anda juga bisa menemukan area bermain. Pastikan untuk menemukan semua pesona Pantai Galesong Utara dari ragam fasilitas yang ditawarkannya, ya! Tertarik mengunjunginya? Lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota Makassar, kok. Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga untuk liburan singkat yang menyenangkan.

Lokasi: Sampulungan, Kec. Galesong Utara, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

6. Pulau Kapoposang

Dari segi lokasi, Pulau Kapoposang ini memang cukup jauh dari Kepulauan Sulawesi, bahkan lebih dekat dengan Pulau Nusa Tenggara dan Pulau Lombok. Pulau Kapoposang adalah bagian dari Kepulauan Spermonde dan merupakan salah satu pulau terjauh di Kabupaten Pangkep.

Namun, lokasi Pulau yang cukup menantang ini "terbayar lunas" dengan alam bawah lautnya yang luar biasa. Pulau satu ini adalah bagian dari Kawasan Konservasi Perairan Nasional dan memiliki keindahan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. 

Jika Anda adalah salah satu penggiat diving, maka Pulau ini adalah destinasi penting yang perlu masuk ke dalam rencana diving Anda berikutnya. Selamat berwisata!

Lokasi: Desa Mattitoujung, Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. (nia)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini