Share

Gunungkidul Kenalkan Perangko Seri Desa Wisata, Tertarik?

Erfan Erlin, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 406 2599224 gunungkidul-kenalkan-perangko-seri-desa-wisata-tertarik-CfhhW61WJn.jpg

DINAS Pariwisata Gunungkidul mengelar Gunungkidul weekend Fest untuk promosi desa wisata agar go internasional. Dalam kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke–191 ini, juga diluncurkan perangko seri desa wisata.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Senam Kreasi Gunungkidul dari persatuan wanita olahraga seluruh Indonesia (Perwosi) Gunungkidul. Selain itu juga ada pameran produk UMKM, pertunjukan Dapur Musik feat Bagus “Guyon Waton” dan etnomusik serta penyerahan sertifikat pelatihan ekraf.

"Pada event ini kami juga meluncurkan perangko seri desa wisata," tutur Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Arif Aldian.

infografis

Dinas juga memutar video aplikasi ekraf dan video promosi desa wisata. Pemilihan Desa Wisata sebagai lokasi penyelenggaraan untuk mendukung perkembangan minat wisatawan di masa mendatang. Di mana saat ini terdapat pergeseran tren dari wisata mass tourism ke wisata minat khusus yaitu salah satunya Desa Wisata.

Kegiatan ini juga menjadi upaya pemerintah dalam mendukung penerapan CBT (Community Based Tourism) untuk menuju pariwisata yang berkelanjutan melalui penguatan aspek pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan dan pelestarian budaya.

"Dengan festival ini saya berharap pariwisata Kabupaten Gunungkidul bisa menuju pariwisata kelas dunia," tutur dia.

Di Kabupaten Gunungkidul ada 38 Desa Wisata, dengan ciri khas yang ada di masing-masing desa wisata. Hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan dari mancanegara dan terbukti masing-masing desa wisata unggul.

Berbagai pencapaian yang telah diraih antara lain Best Village Tourism 2021 dari UNWTO untuk Desa Wisata Nglanggeran, 300 Besar dlm ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 untuk Desa Wisata Tepus, Desa Wisata Candirejo-Semin, Desa Wisata Kampung-Ngawen, 100 besar dalam ajang ADWI 2022 untuk Desa Wisata Tepus & Desa Wisata Kampung, 50 besar dalam ajang ADWI 2022 untuk Desa Wisata Tepus.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini