Share

Mengenal Tradisi Memanjangkan Telinga Suku Dayak, Identitas Bangsawan hingga Simbol Kecantikan Wanita

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 406 2599820 mengenal-tradisi-memanjangkan-telinga-suku-dayak-identitas-bangsawan-hingga-simbol-kecantikan-wanita-umP1QilZsI.JPG Gadis cantik Suku Dayak sedang memeragakan Tari Burung Enggang (Foto: Instagram/@stefanny1414_)

BUDAYA dan tradisi Indonesia dikenal sangat beragam, dan unik. Salah satunya, tradisi kuping atau telinga panjang yang dikenal khas dari suku Dayak.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan asal usul kuping panjang dari suku Dayak dirangkum MNC Portal dari berbagai sumber. Secara umum, kecantikan dilihat dari wajah, namun berbeda dengan Suku Dayak.

Wanita Dayak memiliki keunikan, yang kecantikan seorang wanita Dayak bukan dinilai dari wajah, tetapi dari telinganya. Diketahui, telinga panjang suku Dayak disebut tradisi 'Telingaan Aruu'.

Tradisi Kuping Panjang Suku Dayak
(Foto: Shutterstock)

Maksudnya, belum dikatakan cantik wanita, bila belum memanjangkan daun telinganya. Tradisi Telingaan Aruu dimulai saat masih bayi dan dikenal dengan sebutan 'Mucuk Penikng'.

Telinga panjang memiliki tujuan, seperti kalangan Dayak Kayan, mereka melakukan pemanjangan telinga sebagai identitas kebangsawanan seseorang.

Khusus, perempuan, pemanjangan telinga digunakan untuk menunjukan identitas kebangsawanan, juga sebagai pembeda.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Perlu diketahui, suku Dayak ini, telinga panjang memiliki tujuan lain, seperti melatih kesabaran berat akibat manik-manik menempel pada telinga dan digunakan setiap hari. Dalam penggunaan beban di telinga, rasa sabar dan penderitaan agar semakin terlatih.

Ternyata aturan dalam telingaan juga, bagi kaum laki-laki tidak boleh memanjangkan telinganya sampai melebihi bahunya. Sementara kaum perempuan diperbolehkan memanjangkan hingga sebatas dada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini