Share

5 Fenomena Alam Mengerikan yang Nyaris Membuat Musnah Dunia

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 406 2600070 5-fenomena-alam-mengerikan-yang-nyaris-membuat-musnah-dunia-GCgx9tGsaQ.jpg Fenomena alam nyaris memusnahkan dunia (Express)

ADA 5 fenomena alam mengerikan yang nyaris membuat musnah dunia. Bahkan bumi nyaris kiamat puluhan tahun yang lalu lantaran adanya fenomena alam yang mampu memporak porandakan isinya seketika.

Penasaran fenomena alam apa saja yang pernah terjadi dan nyaris menghancurkan dunia? Melansir dari berbagai sumber berikut ulasannya.

 BACA JUGA: Jawa Barat Targetkan Kunjungan 40 Juta Wisatawan Lokal di 2022

1. Badai Matahari pada 1859 dan 2012

Pada 2 September 1859 terjadi fenomena alam hebat yang dinamakan Carrington Event. Kala itu badai Matahari besar yang membuat partikel, radiasi, dan hawa panas bintang tersebut masuk ke dalam atmosfer Bumi. Dampak dari fenomena tersebut cukup signifikan, terutama pada bidang teknologi.

Seperti mengacak-acak energi listrik hingga mengganggu kesehatan manusia.

Melansir dari laman Space, badai matahari nyaris terjadi pada 23 Juli 2012 dengan prediksi kerusakan yang tak terkendali. Beberapa meyakini badai matahari dapat memusnahkan bumi,

2. Marine Isotope Stage 6

Marine Isotope Stage 6 merupakan kondisi ketika iklim dunia tidak stabil dan cenderung ekstrem. Sekitar 195 ribu hingga 123 ribu tahun yang lalu, populasi manusia menurun drastis karena masalah iklim.

Contoh nyata dari Marine Isotope Stage 6 adalah di daratan Afrika. Sebelumnya wilayah tersebut cenderung panas tiba-tiba dilanda suhu sangat dingin dan kering. Akibatnya, manusia kesulitan bertahan hidup.

 BACA JUGA: Destinasi Wisata dan Kuliner Wajib Jajal di Banggai Laut, Siapkan Budget Segini

3. Letusan Gunung Tambora

Selanjutnya, fenomena alam yang nyaris memusnahkan dunia adalah letusan Gunung Tambora di Indonesia. Gunung yang terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat meletus hebat dan mengeluarkan 100 megaton sulfur aerosol bersama gas, debu, dan batuan ke atmosfer pada tahun 1815.

Melansir dari Smithsonian Mag, material vulkanik yang dikeluarkannya melapisi atmosfer dan berbagai tempat selama berbulan-bulan. Dampak ini pun dirasakan hingga ke Amerika, Eropa, dan hampir semua tempat di dunia.

4. Ledakan supernova

Radiasi Supernova nyaris menghantam bumi dalam kurung waktu sepuluh tahun terakhir.

Radiasi supernova merupakan ledakan yang sangat energik dari suatu bintang besar dan masif, yang berada di titik tertentu dalam siklus hidupnya. Penyebabnya yaitu adanya keruntuhan inti gravitasi. Sedangkan dampaknya bagi bumi adalah lapisan ozon yang menguap dan berujung pada kepunahan massal.

 Ilustrasi

5. Kabut Asap

Pada Desember 1952 London diselimuti oleh gumpalan asap jelaga yang bertahan selama empat hari hingga merusak kualitas udara.

Akibatnya kabut asap menghambat aktifitas sehari-hari seperti mengurangi jarak pandang hingga nyaris nol, membunuh hewan ternak hingga korban jiwa manusia yang terus bertambah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini