Share

Aturan Perjalanan Kian Longgar, Pemesanan Tiket Pesawat dan Kereta Api Melesat Tajam

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 406 2600158 aturan-perjalanan-kian-longgar-pemesanan-tiket-pesawat-dan-kereta-api-melesat-tajam-tmgJUk22Fw.JPG Penumpang pesawat hilir mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)

SEIRING pelonggaran aturan perjalanan dan wisata yang diberlakukan pemerintah, terjadi tren kenaikan pemesanan pada layanan akomodasi yang mencapai angka 32 persen dibanding kuartal 1 tahun ini dengan destinasi favorit untuk menginap meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Berdasarkan data Traveloka, terjadi kenaikan traffic dan juga pemesanan transportasi selama libur lebaran, seperti pemesanan tiket kereta api yang melonjak 56 persen, bus dan shuttle 51 persen dan pesawat 39 persen ketimbang periode yang sama tahun 2021 lalu.

Co-Founder & Chief External Relations Officer Traveloka, Albert mengungkapkan, tingginya kenaikan traffic di berbagai layanan Traveloka selama libur lebaran merefleksikan tingginya minat dan kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan wisata secara aman dan nyaman.

Infografis Tips Traveling Aman

"Kami optimis sektor pariwisata nasional akan semakin cepat pulih didukung keberhasilan upaya-upaya penanggulangan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah dan ketaatan masyarakat dalam menjalani protokol kesehatan,” ujar Albert.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkap bahwa potensi perputaran uang di daerah saat libur lebaran mencapai Rp72 triliun.

Momen tersebut juga memberikan dampak positif terhadap destinasi wisata di daerah yang dilewati pemudik. Terlebih kebijakan pelonggaran perjalanan telah ditetapkan pemerintah.

Masyarakat yang bepergian dengan pesawat terbang ke tujuan domestik dan internasional kini tidak perlu menyertakan tes antigen atau PCR. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi titik balik kebangkitan sektor perjalanan.

Beragam lokasi destinasi liburan pun menanti untuk dikunjungi, termasuk lima destinasi super prioritas yang ditetapkan Kemenparekraf. Para pelancong dapat menikmati biota laut di Likupang, Sulawesi Utara; keindahan Desa Tuktuk Siadong saat mengunjungi Danau Toba di Sumatera Utara; mencicipi kelezatan kuliner khas Jawa Tengah di sekitar Candi Borobudur; hingga bertualang menyaksikan Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dengan situasi pandemi yang semakin terkendali, kami menyambut baik antusiasme masyarakat yang mulai meningkat untuk berwisata kembali, dan bersiap untuk melihat dunia lagi. Kami akan terus berperan aktif dalam mendukung kebangkitan industri pariwisata nasional, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini