Share

Rekomendasi 16 Pantai di Semarang dan Sekitarnya, Yuk Healing Sejenak

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 408 2599905 rekomendasi-16-pantai-di-semarang-dan-sekitarnya-yuk-healing-sejenak-oeWbe4iPAp.JPG Pantai Baruna, Semarang, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@ulfaochida)

REKOMENDASI 16 pantai di Semarang dan sekitarnya ini perlu Anda sambangi. Semarang termasuk salah satu kota besar yang memiliki topografi unik. Bagaimana tidak? Semarang dikelilingi pegunungan, sungai bahkan pantai.

Tak heran bila banyak wisata alam yang ada di daerah Semarang mulai dari area pegunungan maupun pesisir pantai. Lantas, pantai apa saja yang ada di Semarang dan sekitarnya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Kawasan Tambak Lorok

Kawasan Tambak Lorok menjadi salah satu kawasan pantai yang ada di Jalan Tambak Mulyo, Kecamatan Semarang Utara, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kawasan ini terkenal lantaran sering terkena banjir rob atau banjir pasang air laut.

Meski daerahnya terkesan kumuh namun kawasan ini akan dijadikan sebagai percontohan kampung bahari. Sebagian besar warga yang tinggal di sana memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Pantai Marina

Menjadi pantai yang paling populer di Semarang, Pantai Marina memiliki letak yang cukup strategis. Letaknya di Jalan Yos Sudarso, Semarang dekat dari pusat kota atau dari bandara.

Jarak yang dibutuhkan untuk sampai pantai ini hanya sekitar 15 hingga 30 menit saja. Pantai ini cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga dan bermain air bersama anak-anak. Di sini terdapat banyak pepohonan yang menjadikan pantai marina ini terasa sejuk meski lokasinya berada di pinggir laut.

Infografis Pantai di Tulungagung

Pelabuhan Tanjung Mas

Semarang memiliki pelabuhan yang terkenal, yakni Pelabuhan Tanjung Mas. Pelabuhan ini terdapat di jalan Coaster, Kecamatan Tanjung Mas, Kabupaten Semarang Utara, Jawa Tengah.

Di sini kerap kali sebagai pelarian warga untuk melihat sunset dan hunting foto. Pelabuhan ini menjadi tempat untuk aktivitas bongkar muat peti kemas dan pemandangan dari kapal-kapal kontainer berukuran jumbo memang lazim ditemukan.

Pantai Baruna

Termasuk sebagai pantai yang baru, pantai ini dulunya merupakan tempat rekreasi yang saat ini sudah tidak ada lagi. Setelah bangunan dibongkar, pantai Baruna makin terekspose dan keindahan alamnya semakin terlihat.

Terdapat ilalang yang indah dan batu pemecah ombak yang berjejer di tepi pantai. Meski sekarang pantainya makin populer, tetapi akses menuju pantai ini masih belum baik dan licin ketika musim penghujan. Letak Pantai Baruna berada di Pelabuhan Mas Tanjung Bringin.

Pantai Cipta

Pantai di Semarang memang terkenal karena keindahan alamnya. Pantai Cipta memiliki warna pasir coklat dan lautnya yang biru. Meski jalur ke pantai Cipta ini masih belum mumpuni namun tetap dinikmati.

Letak pantai ini berada di belakang terminal peti kemas dan tidak dikondisikan sebagai tempat wisata. Tak heran, dari itu ada yang menyebutnya sebagai pantai peti kemas. Lokasi pantai ini berada di Jalan Kw. Cipta Timur, Bandarharjo.

Pantai Suwuk, Kebumen

Menjadi daerah yang dekat dengan Semarang, Kebumen juga memiliki pantai yang bagus. Pantai satu ini terletak di Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai ini menjadi tempat favorit masyarakat Kebumen, pantai Suwuk Kebumen ini memiliki bibir pantai yang landai dengan pasir kecoklatan.

Umumnya, bibir pantai yang landai dimanfaatkan untuk bermain bola kaki atau bola voli pantai. Bahkan hanya untuk sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Pantai Morosari Sayung, Demak

Masih dengan pantai yang mudah diakses dari jalan raya, Pantai Morosari Sayung Demak ini memiliki pemandangan yang indah. Bahkan pantai ini memiliki hutan mangrove, restoran terapung dan fasilitas mumpuni lainnya.

Pantai ini berada di Desa Bedono, Kecamatan Sayung. Saat berkunjung tak ada salahnya untuk membawa bekal agar bisa dinikmati selama di perjalanan atau saat tiba di lokasi wisata.

Infografis Wisata Pantai Indrayanti

Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak Jepara termasuk salah satu pantai yang dikelola dengan baik dan terlihat begitu bersih. Di sini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam dengan menikmati tempat makan seafood yang segar.

Lokasi pantai ini berada di Karanggondang, Mlonggo. Jaraknya sendiri kurang lebih 20 km atau sekitar 30 menit dari Jepara. Pantai Empu Rancak Jepara cukup terkenal lantaran pemandangan alamnya yang masih terjaga dan bebas dari polusi.

Pantai Ngebum Kendal

Pantai Ngebum Kendal termasuk salah satu pantai yang ada di sekitar Semarang yang memiliki pemandangan ombak tinggi dan cukup keras. Letaknya di dekat dermaga sehingga tampak kesibukan penduduk lokal terlihat disana.

Lokasinya berada di Desa Mororejo, Kendal dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara dari Kota Semarang. Harga tiket masuk pantai ini juga cukup murah, yakni Rp3.000 per orang dan biaya parkir Rp2.000 per kendaraan.

Pantai Cahaya Kendal

Dari namanya saja sudah cantik, Pantai Cahaya memiliki banyak wahana wisata seru. Contohnya kebun binatang mini, kolam renang hingga pertunjukan lumba-lumba. Destinasi satu ini cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. 

Pantai ini berada di Klampok, Kendal. Ada keseruan yang tak bisa didapatkan di pantai lainnya. Harga tiket masuk pantai ini adalah Rp30.000.

Pantai Moro

Pantai yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Semarang adalah Pantai Moro. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah terutama saat dipandang dari atas. Hanya saja, akses menuju tempat wisata ini cukup ekstrim dan sarana prasarana belum begitu memadai.

Lokasinya berada di Gubugsari, Gempolsewu. Sebaiknya sebelum berkunjung siapkan kondisi badan yang fit agar tidak kelelahan di perjalanan menuju Pantai Moro.

Pantai Karangmalang

Di sekitar Semarang juga terdapat Pantai Karangmalang yang sangat menakjubkan. Hanya saja, pantai ini belum begitu populer dan akses jalannya juga cukup sulit. Untuk bisa ke sini, kamu harus menelusuri jalan setapak yang hanya bisa dilalui satu motor kurang lebih 1 km.

Ada di Desa Laban atau Desa Karangmalang, pantai ini memiliki daya tarik dengan dipenuhi tanaman ketela serta rasa yang unik.

Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan termasuk salah satu pantai yang memiliki pemandangan laut lepas. Ada banyak pohon cemara yang sangat menarik ketika dalam keadaan surut. Lokasinya sendiri berada di jalan Laut, Tegalan Pidodo Kulon.

Pantai Tirang Menco Wedung

Pantai yang ada di sekitar Semarang selanjutnya adalah Pantai Tirang Menco Wedung. Untuk bisa mencapai pantainya yang begitu indah, kamu harus menaiki perahu dan melewati Desa Menco terlebih dahulu.

Di sepanjang jalan kamu bisa menikmati pemandangan hutan bakau yang berada di kawasan pantai ini sebelum memang benar-benar tiba di pantai Menco. Air lautnya terlihat masih begitu alami dengan warna biru yang indah.

Pantai ini berada di Desa Menco, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Pantai ini dikenal juga lantaran digunakan sebagai desa nelayan dan hutan bakau.

Pantai Maron

Sama seperti pantai Marina, pantai ini juga terkenal di Semarang lantaran akses yang mudah dan dekat. Para wisatawan asing atau yang datang dari luar kota bisa berangkat dari bandara atau dari perumahan Graha Padma.

Bahkan saking populernya, pantai Maron ini semakin ramai di hari libur baik oleh turis domestik atau mancanegara.

Pantai Maron berada di Tugu, berseberangan dengan pantai Tirang. Untuk datang ke sini, jika dari bandara Ahmad Yani, jaraknya sekitar 3 km dari jalan raya. Sedangkan dari tugu muda, kamu bisa naik angkutan umum jurusan Mangkang atau Ngaliyan dan berhenti di Jrakah.

Pantai Bandengan

Meski memang secara administrasi dari Kota Semarang tetapi Pantai Bandengan tak jauh dari Semarang. Kamu bisa mengunjungi pantai yang berada di perbatasan dua wilayah ini sehingga jaraknya memang tak terlalu sulit untuk dijangkau. Nama asli pantai ini adalah Pantai Tirta Samudra yang menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Jepara.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini