Share

8 Fakta Unik Pulau Maladewa yang Belum Banyak Orang Tahu

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 408 2600082 8-fakta-unik-pulau-maladewa-yang-belum-banyak-orang-tahu-A8Ou7ynAW5.jpg Maladewa atau Maldives (ttgasia.com)

BERIKUT 8 fakta unik Pulau Maladewa yang belum banyak orang tahu. Maldives alias Maladewa merupakan negara kepulauan di Asia Selatan yang menjadi destinasi wisata dambaan banyak turis dunia.

Negara kepulauan ini menawarkan berbagai pemandangan pantai dan laut yang indah. Maladewa juga mempunyai geologi dan fakta unik yang membuat orang-orang semakin tertarik untuk mengunjunginya.

Sebab, seluruh negeri Maladewa ini terdiri dari 26 atol karang yang terbentuk setelah letusan gunung berapi bawah laut purba. Uniknya, Maladewa juga sebagai negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia.

 BACA JUGA: 6 Destinasi Wisata Alam Laut di Sekitar Makassar, Pesonanya Memanjakan Mata

Masih banyak lagi lho keunikan-keunikan Maladewa. Penasaran? Berikut 8 fakta unik Pulau Maladewa yang belum banyak orang tahu, seperti dirangkum :

Negara kecil dengan banyak pulau

 

Seperti disebutkan tadi, bahwa Maladewa adalah negara terkecil di Asia. Luas Maladewa yakni 297.8 km² yang terdiri dari ribuan pulau. Diketahui, Maladewa memiliki sekitar 1.200 pulau. Tidak heran jika Maladewa menjadi negara yang paling tersebar di dunia.

Kurang dari seperlima pulaunya berpenghuni

Meskipun di Maladewa ada sekitar 1.200 pulau yang terbentang di seluruh negeri, tetapi hanya sekitar 200 di antaranya yang berpenghuni. Pada tahun 2019, Maladewa mempunyai sekitar 530.000 penduduk.

 Ilustrasi

Negara terindah di dunia

 

Keunikan Maladewa lainnya yakni dijuluki sebagai negara terendah di dunia. Mengapa? Sebab, rata-rata, 1.200 pulaunya berada sekitar tujuh kaki di atas permukaan laut. Bahkan pada titik tertingginya, Maladewa masih hanya delapan kaki di atas permukaan laut. Di sana, terumbu-terumbu karang lah yang bertindak sebagai penghalang.

 BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata Air Populer di Jakarta, Cocok untuk Liburan Keluarga

Pertemuan kabinet bawah laut pertama di dunia

Pada tahun 2009, Presiden Maladewa saat itu Mohamed Nasheed mengadakan rapat kabinet yang tidak lazim. Bagaimana tidak, rapat kabinet itu dilakukan bukan di ruang rapat atau gedung pemerintahan, melainkan diadakan di dasar laut. Dalam rapat itu, ada 11 menteri menandatangani dokumen yang menyerukan pengurangan emisi karbon secara global.

Gerakan yang dipimpin oleh Nasheed tersebut, ditafsirkan sebagai seruan simbolis untuk meminta bantuan atas naiknya permukaan laut yang mengancam akan menenggelamkan sebagian besar daerah dataran rendah di Maladewa pada tahun 2100.

Warganya 100 persen Muslim

Maladewa juga mendapat julukan sebagai negara Muslim terkecil. Ya, sebab, 100 persen warga negara Maladewa merupakan seorang Muslim. Dengan komposisi mayoritas penduduk yang memeluk agama Islam, Maladewa juga menerapkan hukum-hukum syariat Islam.

Punya banyak masjid

Selain wisata pantai dan laut yang indah untuk diving, Anda juga bisa lho berwisata religi di Maladewa. Sebab, negara dengam warga 100 persen Muslim ini tentu memiliki banyak masjid. Salah satunya yakni Masjid Fuvah Mulah Gen yang merupakan masjid batu karang tertua di Maladewa yang dibangun pada tahun 1.300.

 Ilustrasi

Ada larangan berbikini

Fakta berikutnya yakni peraturan Maladewa. Salah satunya yakni larangan berbikini bagi warga lokal di pantai umum. Kostum yang diperbolehkan untuk berenang yakni kaus dan celana pendek. Turis boleh memakai bikini di tempat-tempat milik pribadi seperti pantai khusus atau hotel.

Seluruh kegiatan berhenti saat salat Jumat

 

Karena warganya 100 persen Muslim, jadi waktu salat Jumat itu menjadi spesial di Maladewa. Sebab, ketika salat Jumat, semua kegiatan dihentikan, termasuk semua fasilitas umum yang ditutup ketika waktu tersebut. Bahkan, bandara juga tutup sementara di waktu salat Jumat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini