Share

Segudang Misteri Menara Saidah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 406 2600559 segudang-misteri-menara-saidah-OHMScdbqBp.jpg

MENARA Saidah kembali menjadi perbincangan di media massa setelah cuitan dari seorang driver ojol yang mengaku mendapat orderan untuk mengambil paket di gedung terbengkalai itu viral di Twitter.

Ada beberapa misteri yang belum terpecahkan seperti sosok kuntilanak merah yang sering mengganggu warga setempat, genderuwo, para pekerja yang meninggal di lokasi secara misterius, hingga adanya kabar bahwa Menara Saidah dibangun di atas lahan kuburan yang belum sempat dipindahkan.

Misteri-misteri ini tentunya meninggalkan kesan mistis yang amat kental hingga membuat beberapa komunitas horor memberanikan diri untuk melakukan paranormal activity untuk mengetahui secara langsung betapa seramnya Menara Saidah.

Sebelum beranjak untuk mengetahui betapa seramnya gedung pencakar langit ini, ada beberapa fakta yang harus diketahui tentang Menara Saidah. Fakta pertama, Menara Saidah berdiri di Jalan Letjen M.T. Haryono Jakarta, di mana dulu gedung ini berfungsi sebagai pusat perkantoran.

Sebelum mengalami renovasi besar-besaran dan berubah nama, Menara Saidah dulunya bernama Gedung Gracindo. Nama Menara Saidah sendiri diambil dari nama pemilik gedungnya yaitu Saidah Abu Bakar Ibrahim dan diresmikan pada tahun 2001.

Fakta kedua, Menara Saidah resmi ditutup pada tahun 2007 karena alasan konstruksi bangunan yang tidak tegak dan miring beberapa derajat sehingga dianggap membahayakan.

Fakta Ketiga, salah satu petugas keamanan yang pernah bekerja selama 8 tahun di Menara Saidah mengatakan bahwa pada tahun 2007 pihak Menara Saidah melakukan pemutusan hubungan kerja secara pihak sehingga sampai saat ini para pekerja di sana belum menerima pesangon.

 BACA JUGA:Podcast Obrolan Misteri, Misteri Hutan Bunuh Diri

Fakta keempat, di tahun 2012, pemilik Menara Saidah menyerahkan pengawasan gedung seluruhnya ke Polsek Cawang, Jakarta Timur.

Fakta kelima, di tahun 2012 gedung mulai mengalami kondisi yang tidak terawat dimana jalan akses masuk dan keluar gedung sudah banyak yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Fakta keenam, di tahun 2013 ada bantahan kalau ditutupnya Menara Saidah bukan karena konstruksi bangunannya yang buruk, melainkan karena adanya masalah dalam manajemen internal yang tidak dikelola secara baik sehingga menyebabkan bangunan ini terbengkalai begitu saja sampai saat ini.

Ada banyak cerita horor yang tersimpan dan menjadi misteri yang belum terungkap. Salah satu cerita horor ini berasal dari seorang satpam yang menjaga Menara Saidah kala gedung tersebut masih beroperasi sebagai pusat perkantoran. Ia pernah didatangi oleh sesosok hantu wanita yang mengaku sebagai pekerja di sana bahkan diganggu sampai mengharuskannya turun dari lantai 14 dengan menggunakan tangga darurat.

Selain itu, lift yang selalu macet walau sudah diperbaiki berkali-kali juga menjadi misteri tersendiri di balik Menara Saidah. Ada kabar burung juga yang mengatakan bahwa ada beberapa pekerja bangunan meninggal secara misterius, loh! Duh, bener gak, sih? Penasaran dengan cerita selengkapnya?

Yuk, dengerin Live Podcast Obrolan Misteri, Kamis 26 Mei 2022 Jam 20.00 WIB di RCTI+. Download aplikasi RCTI+ di Google Play Store dan Apple App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini