Share

5 Wisata Rohani di Indonesia Cocok untuk Liburan Kenaikan Isa Almasih

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 408 2600548 5-wisata-rohani-di-indonesia-cocok-untuk-liburan-kenaikan-isa-almasih-mmz1XLrWKu.jpg Gua Maria Pohsarang di Kediri, Jawa Timur (Mister Aladin)

UMAT Kristiani memiliki sejumlah hari besar keagamaan. Selain Natal, ada juga momentum yang cukup sakral dan agung yakni Kenaikan Isa Almasih.

Pada perayaan hari yang juga disebut Kamis Kudus ini, serangkaian kegiatan selain ibadah bisa dilakukan seperti pelayanan umat hingga mengunjungi wisata rohani yang ada.

Jika Anda memilih kegiatan yang disebut terakhir, berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan rekomendasi 5 wisata rohani di Tanah Air yang cocok untuk liburan sekaligus memperingati kenaikan Isa Almasih!

1. Bukit Doa Tomohon, Sulawesi Utara

Seperti namanya, tempat ini adalah sebuah perbukitan yang berada di tengah hamparan lahan hijau yang digunakan sebagai sarana untuk berdoa bagi umat kristiani.

Ilustrasi

Di tempat ini terdapat Kapel Maria yang punya desain arsitektur unik dan cantik, dilengkapi dengan danau buatan hingga amphitheater. Karena keindahan bangunan dan juga viewnya, Kapel ini juga sering dijadikan pilihan gereja untuk menggelar prosesi pernikahan. Sangat cocok untuk wisata religi sekaligus liburan.

2. Pulau Mansinam, Papua Barat

Jika ingin berwisata rohani, budaya dan sejarah sekaligus alam, mengunjungi Pulau Mansinam adalah jawabannya. Pulau yang terletak di daerah Manokwari, Papua Barat, ini adalah saksi sejarah masuknya Injil di Bumi Cendrawasih yang diperingati di tanggal 5 Februari setiap tahunnya.

Oleh karena itu, ada banyak peninggalan sejarah yang bisa kamu kunjungi di sana seperti Tugu Salib berbahasa Jerman, sumur tua dan sisa bangunan gereja, hingga Patung Yesus Kristus berukuran besar yang hampir serupa dengan patung yang berada di Rio de Janeiro, Brazil ataupun Patung Yesus Memberkati di Tana Toraja.

Berwisata rohani di Pulau Mansinam ini juga dijamin bikin betah dengan keindahan alam, ragam kuliner, hingga jernihnya lautan di pesisir pantai yang akan menemani sepanjang hari tanpa terkecuali. Mantap!

3. Gereja Ganjuran, Yogyakarta

Wilayah otonomi khusus yang dijuluki Kota Pelajar ini juga punya sejumlah wisata rohani yang cocok untuk liburan Kenaikan Isa Almasih, salah satunya adalah mengunjungi Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (Gereja HKTY) di daerah Ganjuran.

Yang membuatnya istimewa adalah tempat ibadah yang disebut Gereja Ganjuran ini memiliki arsitektur yang unik mirip candi perpaduan adat jawa yang kental. Selain itu, lokasinya yang dipenuhi pepohonan rimbun menciptakan suasana asri dan sejuk.

4. Taman Wisata Iman, Sumatra Utara

Jika anda ingin mencari wisata rohani yang lengkap dengan segala pernak-pernik terkait Kristiani yang berkaitan, mengunjungi Taman Wisata Iman di Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara adalah pilihan tepat.

Di tempat wisata ini terdapat miniatur patung salib Golgota, gereja hingga goa bunda maria. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat bangunan tempat ibadah dari agama lain yang diakui di Indonesia lho!

 Ilustrasi

5. Gua Maria Pohsarang, Kediri

Terletak di Kediri, Jawa Timur, Gua Maria yang punya nama Lourdes ini menjadi tempat wisata rohani umat Kristiani yang kerap dikunjungi saat paskah hingga kebangkitan Isa Almasih. Tempat ziarah umat Katolik berada di kompleks ini.

Lokasinya yang berada di atas ketinggian mencapai 400 mdpl membuat spot wisata ini sejuk dan nyaman untuk berwisata religi. Tak heran apabila gua ini juga kerap digunakan untuk meditasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini