Share

6 Suku di Indonesia yang Dipercaya Masih Kuasai Ilmu Gaib, Nomor 5 Bisa Lembekkan Kepala Orang!

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 406 2600983 6-suku-di-indonesia-yang-dipercaya-masih-kuasai-ilmu-hitam-nomor-5-bisa-lembekkan-kepala-orang-ZY8ThD1dGF.JPG Suku Dayak (Foto: Instagram/@yogi_graphy_)

INDONESIA yang wilayahnya terbentang luas dari Sabang sampai Merauke memiliki keanekaragaman sumber daya hayati dan manusia. Terdapat ribuan suku yang mendiami seluruh wilayah tanah air.

Setiap suku tentu memiliki adat istiadat dan budayanya sendiri, termasuk soal bagaimana cara menyelesaikan masalah.

Percaya tidak percaya, sejumlah suku disebut menguasai ilmu gaib yang kerap digunakan apabila merasa terancam atau untuk melindungi kepentingan hidup dan kelestarian tempat tinggal mereka.

Beberapa suku berikut ini bahkan dipercaya masih menguasai kemampuan gaib tersebut. Penasaran? Berikut ini MNC Portal sajikan daftar 6 sukunya dikutip dari berbagai sumber!

1. Suku Baduy, Banten

Etnis asli yang mendiami wilayah Banten ini terkenal cukup tertutup meski hidup di daerah yang dekat dengan kawasan metropolitan yakni Jabodetabek. Kalau ngomongin soal ilmu hitam seperti meramal masa depan, pelet, santet, debus, bahkan ilmu kebal senjata, banyak orang yang berguru ke daerah ini, termasuk para penjahat.

Mau kebal senjata api atau senjata tajam, semua ada ‘kursusnya. Jangankan mendatangkan malapetaka buat orang di luar suku yang dianggap mengganggu apalagi mengancam, orang Baduy sendiri juga bisa kena batunya kalau coba-coba bikin masalah.

Suku Baduy

(Foto: Okezone.com)

Contohnya kalau ada orang Baduy yang berani melanggar adat-istiadat, misalnya naik kendaraan pas bepergian dan bukannya jalan kaki, dijamin mereka bakal langsung kena sakit misterius.

Meski ilmu hitamnya sangar, tapi mereka suku yang ramah dan kalem banget, kok. Pokoknya selama enggak 'nyenggol' mereka, maka tidak akan ada masalah.

2. Suku Asmat, Papua

Sanggup nemuin barang hilang hingga bisa mendatangkan hujan petir adalah segelintir contoh dari sekian banyak ilmu gaib yang dimiliki Suku Asmat. Selain menghormati banget leluhur mereka yang dipercaya tinggal di alam gaib tempat matahari terbenam, suku asli Bumi Papua ini juga pantang dibikin tersinggung.

Sekali mereka marah, siap-siap aja kamu bakal dikirimi 'hadiah' berupa sakit misterius, miskin mendadak, kecelakaan, dan masih banyak lagi. Sihir ini juga jadi cara mereka buat menjaga alam sekitar supaya tidak dirusak orang tak bertanggung jawab. Bagi mereka, merusak alam sama saja artinya dengan menghancurkan tempat tinggal para dewa mereka. Waduh, jangan sampai cari masalah sama mereka deh ya!

Suku Asmat

(Foto: Instagram/@leonardo.padeatu)

3. Suku Osing, Jawa Timur

Banyuwangi punya reputasi sebagai 'sarang'-nya dukun santet super sakti. Kentalnya tradisi santet di sana menjadi semakin santer terdengar usai di tahun 1998 terjadi peristiwa gaib yang menewaskan ratusan orang. Orang-orang itu dibunuh dengan sadis karena dituduh sebagai dukun santet.

Waduh, emang segitu canggihnya ilmu gaib mereka? Jawabannya: ya. Suku Osing bahkan mengenal santet dalam empat jenis. Ada santet hitam buat balas dendam sampai si musuh meninggal, santet merah buat balas dendam tapi tak sampai menewaskan korbannya, santet kuning buat bikin orang lain jadi suka, dan santet putih konon buat melancarkan usaha. Gokil kan?

4. Suku Batak, Sumatera Utara

Meskipun tidak semua Suku Batak menguasai ilmu hitam, tapi mereka yang mampu melakukannya bisa dibilang sangat mengerikan. Buktinya adalah di tahun 2006 silam, perwakilan dari suku ini dinobatin jadi ketua paranormal sedunia di Jerman, mengalahkan Voodoo dari Haiti! Sampai sekarang, masih ada orang-orang dari suku yang berasal dari Sumatera Utara ini yang akrab sama Begu Ganjang.

Makhluk halus yang berarti Setan Panjang ini bentuknya memang mirip orang dengan tangan dan kaki super panjang. Mereka biasa jadi peliharaan orang. Makhluk ini sangat ditakuti karena mereka dipercaya sebagai iblis pencabut nyawa. Siapapun yang melihat sosok mereka dipercaya bakal meninggal beberapa hari kemudian.

Biasanya, Par Begu Ganjang atau orang yang memelihara setan tersebut akan mengirim makhluk ini buat mendatangkan orang yang tak mereka suka. Tujuannya apa lagi kalau bukan melenyapkannya.

5. Suku Kajang, Sulawesi Selatan

Suku yang tinggal di pedalaman Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan ini percaya kalau mereka tinggal di Tana Toa (tanah tertua) di bumi yang pertama kali diciptakan oleh Tuhan.

Suku Kajang

(Foto: Instagram/@asrullah.ai)

Suku yang khas dengan pakaian serba hitam ini sebenarnya sangat bijaksana. Warna hitam sendiri mereka pilih buat melambangkan kesederhanaan, kesetaraan, dan kematian yang sewaktu-waktu bisa datang.

Meski terkesan kalem, ilmu doti kajang mereka bisa bikin siapapun keder. Selain bisa menghilangkan nyawa orang, mereka juga jago mempraktikkan ilmu kebal dan bisa melembekkan kepala orang laiknya dodol. Serem banget kan?

6. Suku Dayak, Kalimantan

Kalau ngomongin ilmu hitam, tidak bisa tidak menyebut suku Dayak. Cerita soal kemampuan mereka mengirim guna-guna dan pelet udah menyebar kemana-mana. Salah satu ilmu magis mereka yang paling terkenal adalah mandau terbang.

Senjata tradisional suku Dayak ini bisa dikendalikan dari jauh buat nyerang lawan atau ngelindungin kawan. Jadi, kalau orang Dayak punya musuh, mereka enggak perlu capek mengejar atau menghadapi musuh mereka. Kenapa? Karena mandau bisa melesat terbang sendiri buat nebas kepala si musuh!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini