Share

Rekomendasi Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Anda Coba!

Agustina Wulandari , Jurnalis · Minggu 29 Mei 2022 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 29 25 2602190 rekomendasi-wisata-kuliner-di-bali-yang-wajib-anda-coba-VcfTQ8Dlmm.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik/jcomp)

Membahas soal destinasi wisata di Bali tentu tidak akan pernah habis. Daerah yang satu ini menjadi salah satu daerah yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Bali memang terkenal dengan keindahan pantainya yang sangat mengagumkan, tak heran jika pantai menjadi daya tarik utama wisata di Bali. Bukan cuma pantainya, Anda juga wajib mengeksplorasi keberagaman wisata kulinernya yang sangat unik dan menarik.

Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, ternyata Bali juga memiliki segudang destinasi wisata kuliner yang wajib Anda coba ketika sedang liburan di Bali. Ada banyak destinasi kuliner Bali yang bisa Anda pilih, pasti membuat Anda kebingungan ingin mulai mencoba yang mana.

Menjadi daerah yang kaya akan tempat wisata dan keberagaman wisata kulinernya yang unik dan lezat tentunya, membuat Bali ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan destinasi berlibur. Sudahkah Anda merencanakan liburan ke Bali?

Segera rencanakan sekarang juga dan persiapkan segala akomodasi yang Anda perlukan lewat aplikasi Traveloka. Traveloka akan mempermudah Anda untuk memesan tiket keberangkatan, reservasi villa murah di Bali, sewa mobil, beli tiket ke tempat wisata dan lain sebagainya.

Bagaimana, Anda sudah memiliki rencana untuk berlibur ke Bali? Berikut ini adalah rekomendasi wisata kuliner khas Bali yang wajib Anda coba.

1. Babi Guling

Babi guling ini adalah daging babi utuh yang dibakar dengan cara diputar-putar, atau sebutannya yaitu diguling. Sebelumnya, daging babi utuh ini sudah diberi rempah-rempah terlebih dahulu. Perpaduan dari daging babi dan berbagai rempah yang sangat khas membuat kuliner yang satu ini sangat populer dan terkenal akan kelezatannya.

Perlu diketahui bahwa kuliner yang satu ini adalah kuliner non halal. Untuk Anda yang bisa mencobanya, Anda wajib untuk mencicipi babi guling ini. Beberapa rekomendasi tempat makan babi guling yang populer di Bali adalah Babi Guling Pak Malen, Babi Guling Dayu, dan masih banyak yang lainnya.

2. Bulung Kuah Pindang Bali

Kuliner yang satu ini memiliki nama yang sangat unik. Selain namanya, ternyata makanannya juga tak kalah unik dan menarik. Pernahkah Anda mendengar kuliner unik yang satu ini? Bulung Kuah Pindang Bali merupakan kuliner khas Bali yang mengolah rumput laut hijau.

Dipadu dengan bumbu khas dan komponen lainnya yang disantap berbarengan dengan rumput laut hijau, yaitu kelapa parut, kuah pindang, lengkuas, cabe merah, terasi bakar, dan juga air perasan jeruk limau. Selain unik dan menarik, kuliner yang satu ini juga menyehatkan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

3. Ayam Betutu

Wisata kuliner khas Bali yang direkomendasikan untuk dicoba adalah ayam betutu. Ayam betutu adalah kuliner yang berasal dari Gilimanuk, Bali. Sesuai dengan namanya, ayam betutu adalah kuliner yang mengolah ayam yang dimasak dengan rempah-rempah pedas.

Untuk menghasilkan ayam betutu yang empuk dan super lezat, ayam betutu harus dimasak dalam waktu yang lama hingga bumbu pedasnya meresap. Ayam betutu ini menjadi kuliner yang wajib dicoba di Bali. Beberapa rekomendasi tempat makan yang menyajikan ayam betutu yang legendaris di Bali yaitu Ayam Betutu Khas Gilimanuk dan Ayam Betutu Men Tempeh.

4. Sate Lilit

Kuliner yang satu ini adalah kuliner khas Bali yang cukup unik. Liburan ke Bali tidak akan lengkap jika belum mencoba kuliner yang satu ini, yaitu sate lilit.

Identik dengan khas Bali, sate lilit adalah adonan sate yang dililitkan ke daun sereh. Adonan sate di sini terbuat dari daging ayam yang sudah dicampur berbagai bumbu.

Ada juga yang menggunakan daging ikan atau daging sapi sebagai bahan dasarnya. Setelah itu, sate lilit dibakar terlebih dahulu. Dijamin Anda pasti akan ketagihan dengan kuliner unik dan menarik yang satu ini. Sate lilit bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai restoran yang populer di Bali, seperti Bebek Tepi Sawah dan Warung Bu Paseh.

5. Nasi Campur Bali

Selain kuliner yang sudah disebutkan sebelumnya, nasi campur Bali juga menjadi salah satu kuliner yang direkomendasikan. Nasi campur Bali merupakan kuliner yang menyajikan nasi campuran dengan lauk pauk yang bermacam-macam, seperti ayam, sate lilit, telur, dan sayuran.

Perpaduan lengkap dari nasi dan lauk pauk yang disajikan membuat kuliner ini tampak lezat dan menarik. Salah satu restoran legendaris yang populer dengan nasi campurnya yaitu Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku di daerah Ubud.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berlibur ke Bali sekaligus berburu wisata kuliner Bali? Segera rencanakan liburan Anda dari sekarang menggunakan aplikasi Traveloka.

Untuk Anda pelanggan setia Traveloka, Traveloka EPIC Sale akan memberikan diskon s.d. 80% khususnya untuk Hotel dan Holiday Stays. Dimulai dari 31 Mei hingga 6 Juni 2022, setiap hari mulai jam 08.00 WIB!

Traveloka EPIC Sale #JadiEPICLagi dengan Diskon EPIC s.d. 80% untuk liburan dengan berbagai produk Traveloka. Ikuti keseruan EPIC Hour, EPIC Mission dan Grand Bazaar untuk tambahan kupon diskon dan penawaran EPIC lainnya!

CM

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini