Share

6 Warung Tahu Gimbal di Semarang, Bikin Ngiler!

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 301 2602556 6-warung-tahu-gimbal-di-semarang-bikin-ngiler-TQiAmdd8p6.png Tahu Gimbal Jadi Wisata Kuliner di Semarang (dok YouTube/Ceceromed Kitchen)

TERDAPAT enam warung tahu gimbal yang bisa dicoba saat kamu wisata kuliner di Semarang. 

Tahu Gimbal bisa dibilang menjadi salah satu kuliner khas Semarang yang paling terkenal. Adapun menu hidangan ini sekilas seperti Tahu Tek yang populer di Surabaya.

Berikut 6 warung tahu gimbal di Semarang yang bisa direkomendasikan oleh Okezone:

1. Tahu Gimbal Pak Edi

Tahu gimbal Pak Edi sudah berjualan lebih dari 10 tahun lalu, kini usahanya diteruskan oleh generasi kedua yakni putra dari Pak Edi.

Seporsi tahu gimbal berisi potongan lontong nasi, tahu, telur, irisan kol dan gimbal. Nah, gimbal ini adalah bakwan udang, masyarakat Semarang menyebutnya dengan gimbal. Jadi gimbal yang dimaksud bukanlah rambut keriting dan keribo ya.

Sajian ini semakin mantap karena disiram dengan sambal kacang berbumbu dan kucuran kecap manis. Rasanya nikmat, mirip seperti ketoprak khas Cirebon namun rasa dan isiannya agak berbeda.

Sambal kacang ini memiliki rasa gurih khas karena ditambahkan petis yang didatangkan langsung dari Jawa Timur. Untuk melengkapi rasanya, tahu gimbal disajikan bersama kerupuk udang dan sambal.

infografis

2. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Warung ini juga dikenal dengan Tahu Gimbal Plampitan yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an dan sekarang telah dikelola oleh generasi keduanya.

Nama Plampitan diberikan karena lokasi dari warung yang berada di Jalan Plampitan Semarang dan tidak jauh dari Hotel Plampitan. Lokasi ini juga terbilang sangat strategis karena berada di pusat kota dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit dari Simpang Lima. Bisa juga berjalan kaki menuju lokasi ini jika sedang berada di daerah Pecinan Semarang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Tahu Gimbal Bang Toyib

Tahu gimbal Bang Toyib terkenal karena sedap dan gurih. Selain itu, alasan lain untuk datang ke sini adalah sayuran segar sebagai isian didalamnya. Lokasinya terletak Jl. Suratmo, Gisikdrono, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah.

infografis

4. Tahu Gimbal Pak Polo

Tempat makanan ini sudah beridiri sejak tahun 1980. Adapun, tahu gimbal yang disajikan juga memiliki kekhasan tersendiri, yang membedakan kuliner mereka berbeda dengan yang lainnya.

5. Tahu Gimbal Pak John

Menu andalannya adalah porsi yang besar serta rasa yang gurih dan istimewa. Dengan semua perpaduan tersebut, plus es teh manis sebagai pendamping, dijamin kamu akan terpesona.

Lokasi: Bundaran Bubakan arah Pasar Johar, Semarang

6. Tahu Gimbal Khas Kudus Pak Supri

Tahu Gimbal Khas Kudus Pak Supri yang beralamat di Jl. Kyai Mojo, Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang wajib untuk dikunjungi. Sebab, memiliki cita rasa tahu yang berbeda

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini