Share

Pesonanya Bikin Takjub, Pantai Sayang Heulang Jadi Primadona Baru Warga Garut

Antara, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 408 2602480 pesonanya-bikin-takjub-pantai-sayang-heulang-jadi-primadona-baru-warga-garut-768bpIvBvE.JPG Pantai Sayang Heulang di Garut, Jawa Barat (Foto: Instagram/@pantaisayangheulang)

KABUPATEN Garut di Provinsi Jawa Barat tidak hanya dikenal dengan kuliner khasnya yakni dodol, maupun wisata pemandian air panasnya Cipanas Garut di kawasan kaki Gunung Guntur, tapi daerah ini juga memiliki potensi wisata Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk.

Kini, Kabupaten Garut memiliki wisata yang baru saja direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp14 miliar untuk bisa menyulap Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk agar memiliki wajah baru dan memesona.

Sayang Heulang yang berada di wilayah selatan Garut berjarak sekitar 80 km atau dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat kurang lebih 3 jam dari kawasan perkotaan Kabupaten Garut.

Kawasan ini baru saja direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dengan menelan anggaran sebesar Rp14 miliar. Wajah Pantai Sayang Heulang kini jauh lebih memesona.

Infografis Pantai Indrayanti

Kondisi jalan untuk menuju daerah tersebut cukup bagus, bisa dilintasi dua lajur kendaraan roda empat. Sepanjang perjalanan dapat menikmati keindahan alam pegunungan, perbukitan, kebun teh, dan hutan. Perjalanan melewati jalur selatan Garut, sangat mengesankan.

Setelah menyusuri jalur selatan Garut, maka perjalanan akan berlanjut masuk ke jalur utama lintas selatan Jabar. Tidak jauh dari jalan raya itu sudah termasuk kawasan wisata Sayang Heulang.

Pantai Sayang Heulang secara administrasi masuk Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk yang sebelumnya sudah menjadi kawasan objek wisata pantai dengan pengelolaan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut.

Daerah itu sudah lama ada, dan terdapat pemukiman rumah penduduk lokal di sepanjang pesisir pantai yang kesehariannya sebagai nelayan, pedagang, begitu juga membuka usaha penginapan untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin menginap di daerah itu.

Pantai Sayang Heulang salah satu objek wisata pantai yang sudah dikenal di Garut, selain Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, Pantai Cijeruk, dan potensi pantai lainnya yang ada di wilayah selatan Garut.

Pantai Sayang Heulang mendapatkan perhatian dari pemerintah provinsi untuk direvitalisasi dari kondisi sebelumnya yang hanya berfasilitas seadanya dan sebagian fasilitas bahkan sudah rusak.

Kondisi Pantai Sayang Heulang kini sudah berbeda jauh dari sebelumnya. Lebih nyaman, mengesankan, dan tidak kalah menariknya dengan kawasan wisata pantai yang sudah terkenal di daerah lain.

Infografis Pantai di Tulungagung

Menurut seorang pengunjung Pantai Sayang Heulang, Irwan, kini Pantai Sayang Heulang lebih menarik, berbeda jauh dengan kondisi sebelumnya. Perubahan itu diyakini akan menjadikan Pantai Sayang Heulang sebagai primadona wisata pantai di Garut, bahkan di Jawa Barat.

"Objek wisata Sayang Heulang memang saat ini berbeda dibandingkan dengan kondisi Sayang Heulang sebelumnya. Sekarang lebih tertata, banyak spot-spot tambahan," kata Irwan wisatawan lokal dari Garut.

Pantai Sayang Heulang sudah diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Minggu, 20 Februari 2022. Berdasarkan laporan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut tingkat kunjungan kini menjadi ramai. Pantai Sayang Heulang ramai oleh pengunjung dari berbagai daerah.

Wajah baru Pantai Sayang Heulang membuat banyak penasaran masyarakat, apalagi Gubernur Jawa Barat menyebarkan langsung keindahan pantai tersebut di media sosial. Selain itu, banyak pula media massa menyiarkannya.

Seperti yang dikatakan Irwan, alasan ingin berkunjung ke Pantai Sayang Heulang karena banyak orang mem-postingnya di media sosial. Begitu juga banyak diberitakan oleh media massa tentang kondisi terkini Pantai Sayang Heulang.

Irwan yang datang berkunjung dengan sanak saudaranya merasa penasaran ingin menikmati kondisi terbaru Pantai Sayang Heulang. Ternyata benar adanya, sekarang sudah tampil berbeda, lebih menarik.

"Pokoknya sekarang lebih menarik, lebih bagus, dan saya harap kondisi ini harus dijaga, terutama perhatikan masalah sampahnya," katanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini