Share

Ini Dia Petilasan Airlangga, Situs Wisata Sejarah di Lamongan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 408 2603252 ini-dia-petilasan-airlangga-situs-wisata-sejarah-di-lamongan-r7nGtuVq79.jpg Petilasan Taman Airlangga di Lamongan (Kuno Brono)

PETILASAN Taman Airlangga terletak di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Petilasan yang baru diresmikan pada Oktober 2021, jadi destinasi wisata sejarah bagi masyarakat.

Petilasan Airlangga berada di kawasan perkebunan jagung, tidak jauh dari Candi Pataan, situs peninggalan zaman Kerajaan Kahuripan Airlangga.

 BACA JUGA: Rangking Indeks Pariwisata Indonesia Naik di Tengah COVID-19, Sandiaga Ungkap Dampak Positif

Dalam tayangan video Kuno Brono, jalanan menuju Taman Airlangga ditumbuhi dengan rerumputan hijau yang lebat. Kemudian di sebelahnya terdapat perkebunan jagung yang luas.

 

Lalu, saat hendak memasuki Taman Airlangga, pengunjung akan disambut dengan sebuah gapura yang memiliki dua patung hewan seperti singa. Saat masuk ke dalam petilasan, ada pula beberapa patung lainnya.

 Di antaranya saja patung perempuan yang diduga merupakan istri dari Raja Airlangga. Patung tersebut menghadap ke kolam yang dihiasi batu-batu karang dan ditinggali ikan-ikan warna-warni.

Kemudian juga ada patung Raja Airlangga dan sejumlah patung hewan seperti kura-kura dan singa.

Ilustrasi

Di area Taman Airlangga yang luas tersebut, terdapat pula tempat bersantai bagi para pengunjung yang datang, di mana ada beberapa set bangku dan meja yang terbuat dari kayu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini