Share

Eksotisnya Air Terjun Watu Lumpang Mojokerto, Bekas Pemandian Putri Kerajaan Majapahit

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 408 2603304 eksotisnya-air-terjun-watu-lumpang-mojokerto-bekas-pemandian-putri-kerajaan-majapahit-Nh6Dajj7Dg.jpg Air Terjun Watu Lumpang di Pecet, Mojokerto (tahuradensoerjo.or.id)

KEINDAHAN Air Terjun Watu Lumpang di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur sungguh memesona. Tak heran membuatnya ramai dikunjungi wisatawan. Di balik keelokan pemandangannya, air terjun ini punya cerita yanga melegenda.

Konon dulunya Air Terjun Watu Lumpang merupakan tempat pemandian putri dari Kerajaan Majapahit.

 BACA JUGA: Pesona Curug Malela, Air Terjun Tersembunyi di Kabupaten Bandung

Air Terjun Watu Lumpang berada dalam kawasan Wisata Alam Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Tingginya sekira 30 meter dan 20 meter dengan posisi kedua air terjun saling berhadapan berada di sebelah selatan dan utara tebing. Air terjun ini memiliki karakter yang melebar dengan debit air yang tidak terlalu deras.

Uniknya, terdapat dua air terjun sekaligus di sini. Pada air terjun utama, aliran air tidak langsung menjorok ke bawah, namun melewati dinding bebatuan bertingkat yang menjadi keindahan tersendiri.

Sedangkan air terjun lainnya berada tepat di sebelah air utama dengan ukuran lebih kecil, namun terlihat lebih vertikal.

Air terjun yang jernih ini dihiasi dengan rerumputan hijau yang merambat di sekitar aliran air, sehingga menambah eksotisme dan keindahan tersendiri dari pesona Air Terjun Watu Lumpang.

Selain air terjun, pengunjung juga dapat menikmati udara yang segar dan indahnya tumbuhan atau pohon kukup, pasang, gintungan serta melihat burung, kera, dan lutung di sekitar air terjun.

Konon, Air Terjun Watu Lumpang ini bekas pemukiman kuno zaman Kerajaan Majapahit, bahkan dijadikan sebagai tempat pemandian para putri kerajaan.

Banyak batu seperti lumpang dan genting yang menghiasi lokasi air terjun serta tempat pemukiman pada masa itu. Namun seiring berjalannya waktu, batu-batu itu hilang tertimbun tanah.

Kini, beberapa sarana telah di bangun untuk menyokong fasilitas pengunjung Air Terjun Watu Lumpang. Di antaranya toilet, mushola, kursi kayu, gazebo, shelter, tempat Parkir, hingga jalan hutan atau makadam. Tak hanya itu, para pengunjung juga disediakan spot foto selfie yang instagramable, seperti gardu pandang, kapal dari bambu, rumah hobbit, love dari rotan, kupu-kupu, dan masih banyak spot ciamik lainnya.

 Ilustrasi

Wisata alam Air Terjun Watu Lumpang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuknya perkotaan. Karena lokasinya berdekatan dengan pegunungan, tentu saja udara di sini masih bersih dan terasa menyegarkan.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke wisata ini, bisa menggunakan motor atau mobil lewat jalan raya pacet-batu. Tak merogoh kocek terlalu dalam, pengunjung cukup membayar biaya masuk Rp10 ribu. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini