Share

Pesawat Garuda Indonesia Turbulensi Bikin Jantungan, Penumpang Sampai Ambil Mukena untuk Salat

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2022 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 406 2603573 pesawat-garuda-indonesia-turbulensi-bikin-jantungan-penumpang-sampai-ambil-mukena-untuk-salat-0VwgEoVhW2.JPG Pesawat Garuda Indonesia GA 608 rute Makassar-Palu alami turbulensi (Foto: Instagram/@ikapratiwles)

PESAWAT Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 608 rute Makassar-Palu mengalami turbulensi hebat pada Minggu, 29 Mei 2022.

Suasana mencekam di dalam kabin terekam oleh sebuah video amatir yang diunggah oleh salah satu penumpang bernama Kartika Pratiwi Lestari.

Momen pesawat alami guncangan keras itu diunggah Kartika ke akun Instagramnya, @ikapratiwles, Selasa, 31 Mei 2022.

Pada video terlihat guncangan hebat membuat penumpang histeris ketakutan. Terdengar pula jeritan anak kecil yang membuat suasana kabin kian mencekam. Beberapa penumpang mengucap kalimat zikir dan terikan Allahuakbar berkali-kali.

"Allahuakbar, Allahuakbar... Laa ilaaha illallah Astaghfirullah," teriak penumpang.

Infografis Turbulensi Pesawat

Kartika yang duduk di kursi 36A sedikit bercerita mengenai kronologi peristiwa turbulensi yang dialaminya di pesawat Garuda Indonesia GA 608.

"Yang ada di video tidak seberapa guncangannya dengan guncangan yang terjadi beberapa menit sebelum video ini saya rekam," katanya mengawali cerita.

Dia mengaku hanya bisa pasrah kepada Sang Khalik atas apa yang menimpanya kala itu bersama penumpang lainnya.

"Saya pasrah, tidak bisa nangis hanya bisa zikir-zikir terus. Pegangan tangan di kursi tidak bisa saya bisa saya gengam karena guncangannya kencang sekali," ujar wanita yang akrab disapa Ika itu.

Saat pesawat sudah mulai lurus Kartika mengambil ponselnya di kantong kursi tepat di hadapannya. Ia berusaha merekam momen mencekam itu menggunakan tangan kanan, dibantu tangan kiri agar tetap stabil merekam sehingga gambar yang dihasilkan memuaskan.

"Itupun tidak mampu tanganku saya putar untuk nge-shoot bagian sisi jendela kiri dan kanan. Guncangannya masih kuat," tutur wanita berhijab ini.

"Setelah merekam dalam keadaan masih guncangan keras saya berusaha nunduk ambil mukenaku di dalam tas yang saya taruh di bawah kursi. Saya mau sholat. Saat saya sholat baru saya bisa menangis. Saya takut sekali. Yaa Allah Yaa Rabbi. Allahuakbar. Allah Maha Melindungi. Alhamdulilah Wasyukurillah," tutupnya.

Postingan Ika menuai banyak simpati dari warganet. Berikut di antara komentar netizen.

"Alhamdulillah selamat ya mba..😢 smoga Allah SWT selalu melindungi semua yg melakukan perjalanan. Ikut deg2an kami yg lihat," ucap @niena****.

"Alhamdulillah sdh tiba dengan selamat semuanya," tulis pengguna akun @andinon****.

"Alhamdulillah semua selamat.. ikut ngeri bergetar membayangkan situasi di pesawat," sebut @ns****.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini