Share

Bye Bye Tiket Murah, Naik Pesawat PP Jakarta-Singapura Tembus Rp10 Juta!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 406 2604007 bye-bye-tiket-murah-naik-pesawat-pp-jakarta-singapura-tembus-rp10-juta-BIyHtkaJ7x.jpg Ilustrasi (Foto: Thecheatsheet)

BAGI Anda yang hendak bepergian ke luar negeri, khususnya Singapura sebaiknya berpikir dua kali. Pasalnya, tiket pesawat sedang mengalami lonjakan 'gila'. Sebut saja, perjalanan pulang pergi (PP) untuk rute Jakarta-Singapura bisa tembus Rp10 jutaan.

Terkait hal ini, Ketua Umum PP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno tak menampik jika tiket pesawat saat ini kenaikannya mencekik leher. Bahkan kata dia, tiket pesawat yang sudah dipesannya mencapai Rp12,3 juta.

"Ini baru saja siang tadi saya issue tiket," kata Pauline sambil menunjukan foto tiket pesawatnya kepada Okezone.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang membuat harga tiket pesawat ke Singapura sangat tinggi. Mulai dari kenaikan harga bahan bakar pesawat, Avtur. Begitu juga dengan jumlah penerbangan ke Singapura.

Infografis Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia

"Bisa kenaikan Avtur. Lebih besarnya demand dari supply dan frekuensi penerbangan juga," ujarnya.

Seperti diwartakan, harga tiket pesawat juga berlaku untuk penerbangan domestik. Untuk rute Jakarta-Palembang bisa nyaris di angka Rp1 juta. Hal tersebut terjadi karena permintaan pelayanan jasa angkutan udara itu di Bandara SMB II Palembang, masih tinggi.

"Hari ini harga tiket pesawat seperti tujuan Palembang-Jakarta masih cukup tinggi di atas Rp900.000 per orang," kata Wawan petugas penjualan tiket Travel Zamzam, di Palembang.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Berdasarkan data penjualan, harga tiket tujuan Palembang-Jakarta mulai bergerak turun pada Kamis (2/6/2022) yakni Rp871.000 per orang.

"Harga tiket pesawat diprediksi masih tinggi hingga pertengahan Mei 2022, dan setelah itu diharapkan bergerak turun hingga ke kondisi normal di bawah Rp500.000 per orang," tandasnya.

Sementara pantauan Okezone di situs Traveloka pukul 07.35 WIB pagi ini, tiket Jakarta-Singapura dengan maskapai Garuda Indonesia (CGK-SIN) dipatok harga Rp5,2 juta sekali jalan atau Rp10 jutaan PP. Sementara untuk maskapai berbiaya rendah atau Low Coast Carrier (LCC) berada di angka Rp7 jutaan PP. Adapun maskapai Singapore Airlines dibanderol Rp8 jutaan untuk sekali jalan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini