Share

Kapal Pesiar Singapura Buka Paket Wisata ke Batam hingga Lombok, Tertarik Berlayar?

Antara, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 406 2604059 kapal-pesiar-singapura-buka-paket-wisata-ke-batam-hingga-lombok-tertarik-berlayar-HDPHNpOsRX.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno temui pengelola kapal pesiar di Singapura (Foto: Kemenparekraf RI)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menemui pengelola cruises terbesar di Singapura untuk mewujudkan wisata kapal pesiar di Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Sandiaga dalam kunjungan kerjanya ke Singapura, Rabu, 1 Juni 2022 menemui dua operator cruises kelas dunia yakni Royal Carribean dan Resort World Cruises yang menawarkan paket wisata ke Indonesia mencakup Batam, Bintan, hingga Surabaya, Bali, Belitung, sampai ke Lombok.

“Kami telah melangsungkan pertemuan dengan pengelola cruises dan ada beberapa kesepakatan akan dimulainya wisata kapal pesiar tahun ini. Ini berita besar dan sangat strategis, sangat signifikan dalam pemulihan kepariwisataan parekraf Indonesia,” ungkap Sandi usai pertemuan, dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Portal.

Menteri yang dijuluki netizen 'Papa Online' ini menjelaskan, wisata pelayaran kapal pesiar yang rencananya akan segera dimulai tahun ini meliputi Batam-Bintan-Surabaya-Bali ditambah tahun depan melalui Belitung dan Lombok.

“Dua perusahaan besar ini sudah berkomitmen untuk menyelenggarakan cruises, ini sangat win-win solution karena akan mempromosikan destinasi wisata prioritas di Indonesia yang akan membuka peluang usaha dan juga lapangan kerja yang sangat dibutuhkan dalam kepulihan sektor pariwisata kita,” paparnya semringah.

Dalam pertemuan tersebut, Chief Operating Officer Resort World Cruises Singapura, Raymond Lim Jiun Yan menyatakan kesiapannya untuk melayari perairan Indonesia. Untuk itu pihaknya berharap fasilitasi regulasi agar tidak ada kendala berarti untuk mewujudkan wisata kapal pesiar pada Juli dan Agustus 2022 ini.

Sementara Sandiaga pun menegaskan bahwa Indonesia tidak memberikan insentif secara khusus untuk pengelola kapal pesiar, namun siap untuk memfasilitasi dalam rangka mengakselerasi kebutuhan yang terkait regulasi.

Adapun salah satu paket wisata yang ditawarkan nantinya juga akan berhenti di Bali Utara yang selama ini belum banyak tergarap optimal sisi pariwisatanya, di mana untuk Cruises Genting Dream akan memulai pelayaran pada Juli 2022 dan juga Desember 2022 dengan 1.700 kamar dari total kapasitas 3.500 kamar. Sementara untuk Royal Carribean Cruises mencapai 4.800 kamar akan melintasi Benoa dan Lombok.

“Harapan kita bisa ke Labuan Bajo dan beberapa destinasi unggulan bahari lainnya,” tutup Sandi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini