Share

Mengenal Festival Kumbh Mela, Ritual Penghapusan Dosa Umat Hindu

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 406 2605224 mengenal-festival-kumbh-mela-ritual-penghapusan-dosa-umat-hindu-nMAJRF26LD.jpg Festival Kumbh Mela di India (Reuters)

FESTIVAL Kumbh Mela atau Festival Kendi merupakan tradisi sakral umat Hindu di India. Ritual ini rutin digelar setiap dua tahun sekali. Pada 2021 di tengah pandemi yang mengerikan, masyarakat Hindu India tetap menggelar Kumbh Mela hingga menimbulkan kerumunan dan memicu lonjakan kasus COVID-19 sangat tinggi.

Kumbh Mela atau disebut Kumbha Mela digelar di lokasi-lokasi yang dianggap suci oleh umat Hindu seperti Sungai Gangga, Ujjain pada Shipra, Nashik di Godavari , dan Prayag ( Prayagraj modern ) di pertemuan Sungai Gangga, Jamuna , dan Sarasvati yang mistis.

 BACA JUGA: Mengenal Festival Thookam di India, Ritual Keagamaan yang Mengerikan

Festival Kumbh Mela diikuti ratusan ribu hingga jutaan umat Hindu, mulai dari anak-anak, laki-laki, perempuan hingga orang tua. Nantinya mereka akan mandi di sungai tersebut, sebagai dari ritual penghapusan dosa.

 

Perayaan ini didasarkan pada serangkaian posisi astrologi Matahari, Bulan, dan Jupiter yang berbeda, waktu tersuci yang terjadi pada saat yang tepat ketika posisi ini terisi penuh.

 BACA JUGA: Mengenal Tradisi Sekte Aghori di India Makan Mayat dan Setubuhi Wanita Menstruasi

Tradisi menganggap asal Kumbh Mela berasal dari filsuf abad ke-8 Shankara , yang melembagakan pertemuan rutin para petapa terpelajar untuk berdiskusi dan berdebat. Mitos pendiri Kumbh Mela sendiri dikaitkan dengan Purana (kumpulan mitos dan legenda.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Menceritakan bagaimana para dewa dan setan berebut pot (kumbha) amrita , ramuan keabadian yang dihasilkan oleh pengadukan bersama di lautan susu.

 Ilustrasi

Pada 2013, Festival Kumbh Mela diikuti oleh 120 juta penduduk Hindu di Allahabad.

Festival ini pun memecahkan rekor sebagai kegiatan yang paling besar dan ramai di dunia, karena menghadirkan orang banyak dalam kurun satu waktu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini