Share

Mengenal Festival Saijaan, Simbol Pariwisata Kotabaru Kalimantan Selatan

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 04 406 2605530 mengenal-festival-saijaan-simbol-pariwisata-kotabaru-kalimantan-selatan-rMkyUnPj0O.jpeg Menparekraf Sandiaga Uno (dok Kemenparekraf)

TERDAPAT banyak festival ataupun parade kebudayaan yang tersebar di berbagai penjuru tanah air. Salah satunya yang cukup ikonik adalah seperti misal Festival Budaya Saijaan (FBS), yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang di tahun ini digelar pada 1 - 5 Juni 2022.

Sebagai informasi, FBS menghadirkan beragam pentas seni dan budaya masyarakat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan yakni mulai dari pertunjukan musik Alahai - Etnis Bajau Samah Kotabaru - , lomba perahu hias, atraksi Tari Tombak Bajau, atraksi budaya Titi Tali, lomba seni maupun olahraga tradisional dan masih banyak lagi. FSB juga melibatkan UMKM ekonomi kreatif dalam ‘Saijaan Expo’.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno yang berkesempatan langsung untuk menyaksikan gelaran Festival Budaya Saijaan 2022 pun mengaku kagum dengan antusiasme masyarakat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan serta beragam acara menarik yang disajikan

 infografis

“Saya sangat kagum, antusiasme masyarakat sangat tinggi di tengah-tengah upaya kita bergerak dari pandemi. Saijaan ini masuk dalam KEN, ini susah sekali karena dari ratusan bahkan ribuan event di daerah hanya 110 yang terpilih dan tentunya ini membangkitkan dan menggerakan ekonomi di Kotabaru,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Festival Saijaan di Siring Laut, Kotabaru, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sebagai event tahunan yang digelar untuk kali kedepalan pada tahun ini, FSB 2022 menjadi simbol akan ragam potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kotabaru. Ditambah keberagaman etnis, adat istiadat dan heterogen masyarakatnya yang mengusung Motto ‘SA-IJAAN’ (re : seiya sekata, sejalan setujuan) yang sesuai dengan nama festival dan bahkan lambang serta logo resmi Kabupaten Kotabaru.

Menteri yang dijuluki netizen ‘Papa Online’ ini pun mengaku bahagia bisa datang ke Kotabaru setelah dua tahun menunggu lantaran pandemi COVID-19. Kotabaru bagi Sandiaga memiliki kedekatan sendiri, lantaran dulu ia sering berkunjung dan juga memiliki usaha di daerah Mekar Putih.

Selain itu, Menparekraf Sandiaga lantas menilai bahwa potensi pariwisata Kotabaru sangat tinggi dan tak kalah dengan destinasi-destinasi wisata unggulan di Indonesia lainnya.

“Beberapa destinasi wisata di sini diharapkan mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja, membuka peluang usaha bagi masyarakat Kotabaru yang merupakan gerbang menuju Ibukota Negara (IKN). IKN dulunya bagian dari Kotabaru, dan saat ini usianya sudah 72 tahun,” jelasnya memungkasi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini