Share

Luhut Batasi Jumlah Pengunjung Candi Borobudur Jadi 1.200 Orang Per Hari, Ini Alasannya

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 406 2605791 luhut-batasi-jumlah-pengunjung-candi-borobudur-jadi-1-200-orang-per-hari-ini-alasannya-680C1O4iLr.jpg Candi Borobudur (dok ANTARA)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan kebijakan baru dalam rangka meningkatkan kualitas kawasan wisata di Candi Borobudur. Di mana, Destinasi Super Prioritas (DSP) itu hanya dibatasi 1.200 orang per hari.

Tidak hanya pembatasan jumlah pengunjung, dia juga menyebut akan ada kenaikan tiket masuk bagi seluruh turis yang berkunjung, baik lokal maupun mancanegara.

infografis

“Kami sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dolar untuk wisman dan turis domestik sebesar Rp750 ribu,” terangnya.

Menteri asal Sumatra Utara ini menjelaskan kebijakan itu diambil untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara, dimana ia mengungkapkan rencana bahwa Candi Borobudur akan disulap menjadi laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Selain membatasi jumlah pengunjung dan menetapkan tiket dengan tarif tinggi, Luhut meminta turis harus menggunakan pemandu wisata yang merupakan warga lokal di sekitar kawasan Borobudur.

“Saya kembali menekankan sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme “single authority agency”, sehingga Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas,” terangnya.

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini.” tegas Luhut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini