Share

Uniknya Tradisi Wanita Suku Bishnoi India, Rela Menyusui Bayi Rusa yang Dianggap Suci

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 406 2605797 tradisi-unik-wanita-suku-bishnoi-di-india-rela-menyusui-bayi-rusa-yang-dianggap-suci-YUCp5m9ZVe.jpg Ilustrasi Rusa (dok. Freepik)

TAHUKAH kamu ada tradisi unik wanita suku Bishnoi di India, rela menyusui bayi rusa yang dianggap suci. India termasuk negara yang memiliki banyak tradisi dalam masyarakatnya. Bahkan, dalam setiap suku memiliki tradisi masing-masing yang unik maupun aneh.

Salah satu suku di India yang memiliki tradisi aneh adalah suku Bishnoi. Suku yang termasuk suku kuno ini memiliki tradisi bahwa wanita suku ini dapat menyusui bayi rusa layaknya menyusui anaknya sendiri.

Melansir laman India Today, bagi suku Bishnoi, rusa adalah binatang kesayangan yang juga dianggap sebagai hewan suci yang harus selalu dilindungi. Uniknya, para wanita percaya mereka mempunyai kewajiban untuk membesarkan bayi-bayi rusa itu.

infografis

Saat bertandang ke wilayah suku tersebut, para pelancong akan melihat pemandangan seorang ibu yang sedang menyusui rusa. Dan hal tersebut menjadi hal biasa. Kegiatan berbagi asi yang ada juga membuat anak-anak kecil di sana dekat dengan para rusa.

Menariknya lagi, anak-anak kecil yang tumbuh bersama rusa dan sangat akrab sampai mengaku dapat berkomunikasi dengan rusa.

Suku yang telah ada sejak abad ke-15 ini menganut agama Hindu yang mengajarkan tentang keharusan untuk mencintai lingkungan dan makhluk hidup lain seperti binatang. Tak heran jika mereka tak akan menyakiti makhluk hidup di sekitar mereka.

Selain itu, mereka tak pernah sekalipun menebang pohon yang tumbuh di hutan sekitar pemukiman. Masyarakat suku Bishnoi malah terus menanam pohon, sebab beranggapan pohon bagian penting dari kehidupan.

Tak sampai di sana, masyarakat suku ini juga sangat mencintai binatang liar. Mereka kerap memberi makan binatang yang ditemui di jalan. Bahkan jika ada hewan yang terluka, mereka selalu bekerja sama untuk menolong binatang tersebut. Oleh sebab itu, suku ini dijuluki sebagai suku penjaga alam.

Demikian tradisi unik wanita suku Bishnoi di India, yang rela menyusui bayi rusa yang dianggap suci. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini