Share

Longgarkan Aturan, Malaysia Kini Mulai Kebanjiran Wisatawan

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 05 Juni 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 406 2605899 longgarkan-aturan-malaysia-kini-mulai-kebanjiran-wisatawan-H0CA4ZRPf3.jpg Ilustrasi traveling (dok. Freepik)

SEJUMLAH negara sudah melakukan pelonggaran aturan Covid-19, salah satunya Malaysia. Belum lama melonggarkan aturan, negara ini kebanjiran wisatawan dari mancanegara.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Nancy Shukri yang menjelaskan Malaysia menerima lebih dari 1 juta turis, sejak perbatasannya dibuka kembali pada 1 April.

"Dalam dua bulan terakhir, kami telah menerima sekitar 600.000 wisatawan dari Singapura,” kata menteri dilansir Channel News Asia, Minggu (5/6/2022).

infografis

Menurut Mdm Nancy para wisatawan tertarik untuk mengunjungi Malaysia karena aturan Covid-19 yang dilonggarkan. Sebagian besar wisatawan berasal dari Singapura.

Dia menambahkan bahwa Malaysia juga mengharapkan banyak pengunjung dari Jepang, Korea Selatan dan Iran. Perlu diketahui, Malaysia telah beralih ke fase endemik, di mana masyarakat hidup beriringan dengan Covid-19 pada 1 April kemarin.

Dengan mencabut beberapa pembatasan dan membuka kembali perbatasan. Aturan seperti tidak ada karantina, testing Covid-19 sehingga wisatawan terlihat lebih bebas.

"Orang-orang menyukai SOP kami karena tidak ada karantina wajib, tes skrining Covid-19, dan asuransi, dan terserah wisatawan untuk melakukannya,” jelasnya

Sehubungan dengan meningkatnya jumlah wisatawan, pihak pemerintah juga mencatat bahwa industri pariwisata Malaysia menghadapi kekurangan pekerja di tengah pemulihan. Sebelumnya, Menteri Pariwisata mengatakan, untuk mencapai target 2 juta wisatawan Indonesia, ada berbagai strategi seperti fokus pada pertemuan, insentif, konferensi dan pameran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini