Share

Tak Hanya Candi Borobudur, Ini 5 Destinasi Wisata di Magelang

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 408 2605952 tak-hanya-candi-borobudur-ini-5-destinasi-wisata-di-magelang-S8bXWdR3hM.jpg Dusun Butuh Kaliangkrik di Magelang, Jawa Tengah dijuluki Nepal van Java (Instagram @nepal_van_java)

CANDI Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang jadi favorit banyak orang tidak hanya turis asing tapi juga mancanegara. Memiliki bentuk bangunan yang unik dengan nilai sejarah yang tinggi, Candi Borobudur memiliki daya tarik tersendiri bagi turis yang datang.

Baru-baru ini, Candi Borobudur mencuri perhatian karena harga masuknya yang melonjak drastis yakni Rp750.000 per orang untuk turis domestik.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, kenaikan harga pada Candi Borobudur ini dilakukan untuk membatasi kuota kunjungan sebanyak 1.200 orang per hari. Selain itu juga untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Sebelum ada kenaikan, harga tiket masuk Candi Borobudur sebelumnya Rp50.000 untuk wisatawan lokal dan Rp25.000 bagi anak-anak. Sedangkan untuk tiket terusan Candi Borobudur dan Candi Prambanan sebesar Rp70.000 per orang.

Keputusan tersebut tentu saja sangat disayangkan oleh masyarakat. Sebab banyak dari mereka yang memilih untuk berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah demi melihat keindahan candi peninggalan Kerajaan Mataram itu.

Namun tidak perlu khawatir, di sekitaran Candi Borobudur juga banyak lho destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi, dan pastinya harganya lebih terjangkau.

Berikut destinasi wisata di Magelang selain Candi Borobudur, seperti dirangkum Okezone: 

1. Gereja Ayam

Gereja Ayam salah satu destinasi wisata andalan di Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini booming setelah dijadikan sebagai latar adegan di film AADC.

Disebut Gereja Ayam karna gereja ini memiliki bentuk seperti kepala ayam yang sedang duduk dengan mahkota di kepalanya.

Gereja ini memiliki empat lantai. Lantai pertama merupakan area untuk beribadah, dan lantai paling atas adalah spot paling favorit karena wisatawan bisa melihat pemandangan yang begitu indah dari ketinggian. Untuk bisa datang ke tempat ini, pengunjung cukup membayar biaya Rp5.000 saja.

Ilustrasi

2. Awang Awang Sky View

Bagi pengunjung yang suka menikmati pemandangan alam, Awang Awang Sky View bisa jadi pilihan, Di tempat ini, pengunjung bisa berfoto dengan latar Gunung Andong, Gunung Merbabu, Sumbing, hingga Gunung Sindoro. Dengan membayar Rp15.000 pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar.

3. Pinusan Kragilan

Selanjutnya ada Pinusan Kragilan. Tempat ini juga jadon favorit khususnya anak muda yang suka berpose dengan latar hutan pinus. Suasana yang asri, tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang menarik.

Sambil berfoto, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Sungai Teloyang yang mengalir di sepanjang hutan pinus. Untuk menikmati keindahan alamnya, pengunjung cukup mengeluarkan biaya Rp15.000.

Ilustrasi

4. Candi Mendut

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki candi lainnya, yaitu Candi Mendut. Candi Mendut hanya berjarak sekitar 3 km dengan Candi Borobudur.

Tempat ini berlokasi di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Saat ini Candi Mendut dijadikan sebagai wisata sejarah, budaya, dan juga religi yang menarik untuk dikunjungi. Pengunjung yang datang ke tempat ini cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp10.500 untuk wisatawan domestik dan sebesar Rp20.500 per orang untuk wisatawan mancanegara. Tiket yang dibeli itu sudah termasuk untuk mengunjungi Candi Pawon.

5. Nepal Van Java

Nepal Van Java salah satu destinasi wisata yang sempat viral karena keindahan alamnya. Tempat ini terletak di Dusun Butuh Kaliangkrik dan berada di ketinggian 1.620 mdpl, tepatnya di bawah kaki Gunung Sumbing.

Di tempat ini, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan yang begitu indah. Sekilas pemandangan tersebut mirip dengan Pegunungan Himalaya di Nepal.

Banyak spot foto yang disediakan oleh pengelola desa untuk dinikmati oleh para pengunjung. Untuk bisa menikmati keindahan Nepal Van Java, pengunjung dipatok untuk biaya parkir, tarifnya Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat. (nia)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini