Share

Mana Lebih Dingin, Kutub Utara atau Selatan? Yuk Simak Penjelasannya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 406 2606242 mana-lebih-dingin-kutub-utara-atau-selatan-yuk-simak-penjelasannya-RZZRfl9IXF.JPG Antartika (Foto: Instagram/@photokross)

BILA ingin merasakan sensasi dingin bukan main, rasanya ada dua lokasi yang menjadi 'top of mind'. Apalagi kalau bukan Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Suhu dingin hingga salju yang menyelimuti dua kutub tersebut tak lepas dari posisi mereka, atas (utara) dan bawah (selatan) planet bumi. Lantas apa hubungannya?

Imbas dari posisi tersebut, dua kutub ini tak mendapatkan cahaya langsung dari matahari. Baik dari Kutub Utara maupun Selatan selalu terbenam rendah di cakrawala meski di tengah musim panas sekalipun.

Ketika musim dingin tiba, letak matahari sangat jauh di bawah cakrawala. Hal ini menyebabkan tak muncul selama berbulan-bulan di Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Di samping itu, permukaan Es serta salju di dua kutub itu begitu reflektif. Artinya, setiap kali ada energi matahari memancar akan dipantulkan kembali ke angkasa guna menjaga udara di atas permukaan kutub relatif dingin.

Kutub Utara dan Kutub Selatan boleh jadi terlihat mirip. Sama-sama dipenuhi es dantentu saja terasa sangat dingin.

Namun apakah tidak ada salah satu di antara keudanya yang lebih dingin? Tentu ada. Melansir dari livescience.com, berdasarkan Lembaga Oseanografi Woods Hole, ternyata Kutub Selatan jauh lebih dingin ketimbang Kutub Utara.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Bayangkan saja, suhu rata-rata tahunan di Kutub Selatan saat musim dingin menerjang bisa sampai 76 F (minus 60 derajat Celsius). Sementara untuk Kutub Utara, suhunya sedikit lebih 'hangat' yakni minus 40 derajat Celsius.

Ketika musim panas pun Kutub Utara dan Kutub Selatan memiliki perbedaan suhu. Jika di Kutub Selatan mencapai 28,2 derajat Celsius, Kutub Utara menyentuh angka 0 derajat Celsius.

Di sisi lain, Kutub Selatan juga 'menang' dari segi memiliki banyak es. Hal ini disebabkan Kutub Selatan alias Antartika adalah rumah bagi es darat selain es laut. Secara keseluruhan, Antartika punya sekitar 90 persen dari semua es di dunia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini