Share

Liga Selancar Dunia Sedot 6 Juta Penonton, Sandiaga Uno Puas Sampai Bilang Begini

Antara, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 02:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 406 2606250 liga-selancar-dunia-sedot-6-juta-penonton-sandiaga-uno-puas-sampai-bilang-begini-kBkaNtnCj3.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

AJANG World Surfing League Championship Tour (WST CT) G-Land Pro 2022 sukses digelar di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, pada 28 Mei hingga 4 Juni 2022.

Event selancar internasional itu mampu memikat lebih dari 6 juta pasang mata dari seluruh dunia untuk menyaksikan para peselancar ‘bermain’ di ombak yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo itu.

Untuk diketahui, Pantai Plengkung yang disebut juga G-Land ini merupakan salah satu lokasi surfing dengan ombak kiri terbaik di dunia.

Ajang WST CT G-Land Pro pun menjadi kegiatan olahraga dengan social engagement tertinggi ketiga setelah National Basketball Association (NBA) dan National Football League (NFL/liga football AS), mengalahkan MotoGP yang berada di posisi sembilan.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, WSL ini membawa dampak langsung pada kebangkitan ekonomi di daerah, juga sebagai ajang promosi yang efektif karena event sport tourism ini mendapat liputan media internasional.

“Cara terbaik bagi daerah yang menjadi destinasi surfing kelas dunia adalah dengan mengadakan kompetisi WSL tahunan yang mendatangkan peselancar internasional. Selain meningkatkan pendapatan ekonomi daerah, juga menghasilkan liputan media ke seluruh dunia,” kata Sandi.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa menambahkan, Indonesia sudah dikenal oleh para peselancar sebagai destinasi surfing nomor satu di dunia lantaran memiliki ombak sepanjang tahunnya. Termasuk ombak yang menjadi impian para surfer dunia yaitu G-Land.

“Surfer dunia senang datang ke Indonesia, lantaran perairannya hangat dan ombaknya bagus. Itu sebabnya kami di Kemenparekraf sejak beberapa tahun lalu, bekerja sama dengan WSL dan memberi dukungan pada beberapa event surfing yang diselenggarakan di tanah air, termasuk salah satunya G-Land Pro 2022,” katanya.

Bupati Banyuwangi, Ipul Fiestiandani pun mengaku senang dengan suksesnya penyelenggaraan WSL yang disaksikan jutaan pasang mata ini karena mampu mempromosikan G-Land. Ia berharap ini akan menjadi kampanye positif untuk pariwisata Banyuwangi di kancah global.

"Ini bakal jadi momentum untuk menggelar event berskala internasional yang selama pandemi kemarin sempat terhenti. Semoga ini bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan sport tourism di Banyuwangi. Tentunya, juga bisa mengangkat ekonomi lokal,” ujar Ipul.

Adapun final WSL Pro G-Land yang digelar pada Sabtu lalumenobatkan Jack Robinson (Australia) sebagai juara pada kategori pria. Sementara itu, di kategori wanita Johanne Defay (Prancis) berhasil membawa pulang trofi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini