Share

5 Masjid Megah dan Estetik Rancangan Ridwan Kamil, Cocok Buat Wisata Religi

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 408 2606696 5-masjid-megah-dan-estetik-rancangan-ridwan-kamil-cocok-buat-wisata-religi-4d7TivrXcP.jpg Masjid 99 Kubah di Makassar (Koran SINDO/Maman Sukirman)

MASJID megah dan estetik rancangan Ridwan Kamil kerap memukau pandangan publik. Ridwan Kamil sudah malang melintang sebagai arsitek sebelum terjun ke politik menjadi Wali Kota Bandung lalu menjabat Gubernur Jawa Barat.

Salah satu objek yang paling terkenal karya arsitektur lulusan Institut Teknologi Bandung dan University of California, Berkeley ini adalah masjid.

Masjid rancangan Ridwan Kamil terlihat begitu unik dengan warna-warni yang ciamik hingga mendapat atensi dan apresiasi dari kalangan internasional.

 BACA JUGA: 10 Masjid Punya Arsitektur Cantik di Eropa, Wisata Religi Islami Benua Biru

Berikut 5 masjid megah dan estetik hasil rancangan Ridwan Kamil :

1. Masjid Al Safar

Sejak dibangun pada tahun 2010, masjid yang dibangun di kawasan Rest Area Tol Cipularang KM 88 ini memang menjadi perbincangan hangat publik karena dianggap sebagai simbol illuminati. Sebab, bentuk bangunannya tak menyerupai kubah seperti masjid pada umumnya, melainkan bentuk segitiga yang memang cukup unik dan dinominasi warna putih.

 Ilustrasi

Masjid Al Safar

Meski demikian, rupanya masjid tersebut masuk dalam nominasi arsitektur terbaik oleh Abdullatif Al Fozan Award 2019 dari Arab Saudi. Ridwan Kamil mengungkap, sebenarnya bentuk Masjid Al Safar ialah trapesium, bukan segitiga seperti yang dibicarakan masyarakat.

Kini, Masjid Al Safar pun disebut-sebut yang terbesar di Indonesia yang dibangun di rest area. Setidaknya, masjid lebih kurang seluas 6.000 meter persegi tersebut sanggup menampung sekitar 1.200 jemaah.

2. Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid yang selesai dibangun tahun 2010 ini memiliki bentuk yang sangat artistik, yakni berbentuk kubus besar dengan garis-garis hitam di bagian dinding luar.

Tak kalah megah dengan Masjid Al Safar, masjid ini dibangun di atas lahan lebih kurang 1871 meter persegi dengan estimasi total jemaah 1.500 orang.

 Ilustrasi

Masjid Al Irsyad

Desain interiornya pun tak kalah mengagumkan, dibangun berbentuk persegi panjang yang terinspirasi dan mirip Ka'bah. Menariknya, setiap sisi masjid itu bertuliskan kalimat tauhid Laa Ilaha Illallah dalam huruf hijaiyah. Dinding masjidnya pun terbuat dari bata yang berfungsi sebagai ventilasi udara yang disusun, sehingga membentuk tulisan Laa Ilaha Illallah.

 BACA JUGA: Sandiaga Uno Melihat Potensi Pengembangan Wisata Religi di Desa Kubah Basirih Banjarmasin

Menariknya lagi, area tempat salat sengaja dibangun tanpa dinding dan langsung menghadap ke lanskap pemandangan yang indah, sehingga para umat Muslim bisa memanjakan matanya seusai beribadah. Pemandangan yang tidak biasa tersebut pun menumbuhkan ketenangan umat Muslim dalam beribadah.

Berkat desain Masjid Al Irsyad, Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards tahun 2018.

3. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah terletak di tepi Pantai Losari, Kota Makassar. Namanya terinspirasi dari 99 Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah SWT. Desainnya terlihat begitu unik dan cantik, disertai warna-warni yang cerah dan mencolok, seperti merah, oranye, dan kuning.

Menariknya, ada 99 kubah dari berbagai ukuran menghiasi bagian atas masjid ini. Dengan jumlah tersebut, tak ayal jika masjid ini disebut sebagai masjid dengan kubah terbanyak.

Masjid rancangan tangan ajaib Kang Emil ini dibangun di kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) seluas 72 X 45 meter. Bangunan yang dapat menampung 13 ribu jamaah ini terdiri dari tiga area, yakni ruang salat, ruang mezzanine, dan pelataran suci. Kini, Masjid 99 Kubah menjadi daya tarik bagi masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitar hingga menjadi ikon di kota tersebut.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid Raya Asmaul Husna yang terletak di Serpong, Tangerang terlihat sangat mencolok dengan warnanya yang hijau. Menariknya, dinding masjid ini dihiasi ornamen kaligrafi 99 nama Allah atau yang disebut Asmaul Husna.

Kubahnya berbeda dengan masjid biasanya, yakni berbentuk lengkungan tipis. Tak hanya itu, bagian menara masjid juga tak kalah unik karena bentuknya seperti bambu runcing. Tak ketinggalan, ada pula hiasan bintang dan bulan sabit di atasnya sebagai pemanis.

 Ilustrasi

5. Masjid Terapung Al Jabbar

Masjid megah dan estetik rancangan Ridwan Kamil terakhir adalah Masjid Terapung Al Jabbar. Berdiri di lahan seluas 25,99 hektar, masjid ini dibangun dengan konsep terapung di atas embung Gedebage yang memiliki luas 7,2 hektar.

Bangunan masjid ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran 99 x 99 meter serta kapasitas 60 ribu jamaah. Ditargetkan akan rampung tahun ini, Masjid Al Jabbar akan memiliki empat menara yang muncul dari dalam air, area taman, fasilitas untuk difabel, serta museum.

Meski belum rampung, masjid ini digadang-gadang akan menjadi ikon terbaru Kota Bandung. Pasalnya, selain desain arsitektur yang unik, fasilitasnya pun sangat lengkap. Masjid rancangan Ridwan Kamil ini dibuat tanpa kubah dan memiliki ornamen atap tumpuk berbentuk kerucut. Unik banget, ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini