Share

Uniknya Pernikahan Katak di India, Didandan Seperti Manusia dan Diyakini Bisa Turun Hujan!

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 406 2607117 uniknya-pernikahan-katak-di-india-didandan-seperti-manusia-dan-diyakini-bisa-turun-hujan-8jH30qHJs7.JPG Pernikahan katak di India (TOI/BCCL/Mangaluru)

PERNIKAHAN adalah sebuah upacara yang biasanya dilakukan oleh manusia sebagai bentuk ‘pengesahan’ sebuah hubungan secara sosial maupun agama. Namun terkadang hewan juga dinikahkan oleh manusia, meski mereka sejatinya tidak diharuskan untuk itu.

Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh warga di beberapa kota di India, di mana mereka kerap menggelar upacara pernikahan untuk katak. Tindakan itu diyakini sebagai ritual yang akan mendorong curah hujan di wilayah yang dilanda kekeringan.

India biasanya menderita kekeringan selama bulan-bulan di musim panas, yang tentu saja berakibat pada berbagai aspek kehidupan seperti kelaparan, minimnya persediaan air. Untuk itulah ritual menikahkan katak dilakukan oleh warga setempat.

Menurut keyakinan mereka, menikahkan katak layaknya manusia dalam balutan upacara pernikahan Hindu yang disebut "Mandooka Parinaya" itu diyakini dapat menenangkan dewa hujan, sehingga akan berdampak pada turunnya air dari langit.

Prosesi Ritual Pernikahan Katak di India

Dilansir dari The Independent, ritual tersebut diawali dengan menangkap katak di dua desa berbeda yang lantas diperiksa di departemen Zoologi terlebih dahulu bahwa mereka adalah katak jantan dan betina yang sehat dan mampu bereproduksi.

Seekor katak jantan dan betina ‘terpilih’ itu kemudian diberi nama Varuna dan Varsha, yang masing-masing merupakan nama dari dewa air dan musim hujan.

Katak-katak itu kemudian dibawa jalan-jalan bak iringan pengantin dengan sepeda roda tiga sebelum tiba di sebuah hotel untuk upacara pernikahan. Mereka juga mengenakan pakaian pengantin yang dibuat khusus, di mana katak betina diberi cincin jari kaki!

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Prosesi itu benar-benar layaknya pernikahan manusia, di mana ada juga undangan pernikahan yang dikirim untuk para tamu undangan lantas diminta untuk berdoa kepada Dewa Hujan agar menurunkan hujan.

ilustrasi

Diperkirakan lebih dari seratus tamu menghadiri upacara tersebut di satu daerahnya yang juga lantas diikuti dengan pesta!

Selesai ‘menikah’, pasangan katak itu kemudian dikirim untuk melangsungkan "bulan madu" di alam bebas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini