Share

5 Hal Menarik Bisa Dinikmati saat Liburan di Pantai Ujung Genteng, Berikut Rutenya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 406 2607703 5-hal-menarik-bisa-dinikmati-saat-liburan-di-pantai-ujung-genteng-berikut-rutenya-Mj2hJUmHnu.jpg Pantai Ujung Genteng di Sukabumi, Jawa Barat (Instagram @matt.rif)

PANTAI Ujung Genteng di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terkenal akan keindahannya. Ramai wisatawan berkunjung terutama saat akhir pekan maupun hari libur. Apa saja daya tariknya?

Pantai yang berhadapan dengan Samudera Hindia ini terletak di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap. Pesonanya mengagumkan dengan pasir putih, laut biru dan pepohonan hijau yang berjejer di pinggir pantai.

 BACA JUGA: Ini Perbedaan Camping di Gunung dan Pantai, Kamu Lebih Suka Mana?

Berikut hal-hal menarik yang bisa dinikmati saat liburan ke Pantai Ujung Genteng :

1. Sunset

Panorama sunset atau matahari terbenam salah satu hal yang menarik dinikmati di Pantai Ujung Genteng. Nuansa romantis dan indahnya pemandangan saat sore hari akan terasa di tempat ini. Sunset di Ujung Genteng juga jadi momen paling diburu oleh pencinta fotografi.

2. Pasir Putih

Ujung Genteng memiliki hamparan pasir putih yang mengikuti sepanjang garis pantai. Ditambah birunya laut dan langit cerah membuat suasana menjadi sangat menyenangkan. Anda bisa mengambil banyak foto dari beberapa spot menarik di pantai satu ini.

 ilustrasi

3. Penangkaran Penyu

Tak hanya suasana pantainya saja yang bisa Anda nikmati. Tapi di sini juga bisa melihat penangkaran penyu, di mana satwa ini terancam populasinya dan hampir punah.

 BACA JUGA: Liburan ke Pulau Gusung, Wisata Alam dengan Pantai Cantik dari Sulawesi Selatan

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pelepasan tukik atau bayi penyu yang dibiarkan berenang ke lautan.

4. Kuliner

Setelah puas menyaksikan sunset, foto-foto di pasir putih, dan melihat penangkaran penyu. Anda bisa menikmati kuliner khas di kawasan Pantai Ujung Genteng.

Ada banyak olahan laut yang bisa Anda nikmati, seperti beleum layur (ikan layur dibakar), tumis gurita, hingga mata lembu yaitu sejenis siput yang ditemukan menempel di bebatuan karang.

5. Penginapan dan Harga Tiket

Bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar Ujung Genteng, bisa menyewa penginapan seperti vila, hotel, bahkan rumah warga yang disewakan untuk para wisatawan. Harganya pun bervariasi. Menginap di Ujung Genteng sekaligus menikmati suasana pedesaan dan pantai.

Sementara itu, Ujung Genteng mendapat prioritas dari pemerintah pusat karena dinilai memiliki potensi wisata, dan perikanan laut yang luar biasa yang harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Pemerintah pusat khususnya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI sangat tertarik untuk mengembangkan pantai yang masuk dalam kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu," ungkap Plh Bupati Sukabumi, Zainul.

 ilustrasi

6. Rute ke Ujung Genteng

Bagi Anda yang berniat liburan ke Pantai Ujung Genteng, bisa menggunakan berbagai jalan alternatif. Kini jalan menuju ke kawasan tersebut bisa lebih mudah lho

Dari Jakarta Anda bisa mengambil akses jalan menggunakan jalur Pelabuhan Ratu. Sementara jika dari arah Bandung, bisa menggunakan jalan alternatif Lingkar Selatan Sukabumi.

Anda tak perlu bingung nyasar. Petunjuk jalan tersedia di berbagai area jalan. Bahkan, bisa ditanyakan ke warga lokal yang nantinya akan menunjukkan jalannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini