Share

Unik, Warga Spanyol Sering Gelar Festival Lempar Bangkai Tikus

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 11 Juni 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 406 2608429 unik-warga-spanyol-sering-gelar-festival-lempar-bangkai-tikus-Anw01c2JJN.png Spanyol (dok Freepik)

TERDAPAT perayaan aneh sekaligus unik di Spanyol yakni terdapat festival melempar bangkai tikus.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan, di mana semua orang berkumpul dan saling melemparkan bangkai tikus yang telah dibekukan.

Dihimpun dari berbagai sumber, festival melempar bangkai tikus Sant Pere Festival ini diadakan setiap tahun pada Minggu terakhir Januari, Kota El Puig, Spanyol.

Penduduk setempat maupun wisatawan dari seluruh dunia, mereka akan berkumpul di lapangan untuk berperang dengan menggunakan tikus yang sudah dibekukan.

infografis

Festival melempar bangkai tikus ini sudah ada sejak berabad-abad, di rayakan di kota El Puig. Mulanya, pertempuran tikus ini terjadi ketika beberapa abad silam orang-orang senang melemparkan bangkai tikus itu satu sama lain.

Lalu cerita lainnya adalah asal mula mengapa harus melempar tikus mati, kala itu banyak tikus yang mengganggu jalannya perayaan festival sehingga akhirnya dibunuh.

Lalu dilanjutkan, saat warga El Puig memiliki festival dengan cucanas yang berisi buah-buahan, kacang dan hasil alam lainnya sehingga menarik perhatian tikus. Kemudian saat cucanas digantung tiba-tiba diserbu tikus yang akhirnya membuat warga marah.

Saat itulah tikus dibunuh kemudian dilempar namun ternyata meleset jatuh ke kerumunan warga.

Serbuan tikus tersebut makin banyak dari tahun ke tahun, sehingga akhirnya alun-alun penuh jasad tikus yang dibunuh. Alhasil ketika mereka berhasil melumpuhkan tikus, warga pun meluapkan kegembiraan dengan melemparkannya satu sama lain.

Kemudian untuk memperingati festival tersebut, maka pertempuran tikus ini dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat Spanyol. Mereka pun sangat antusias melakukannya.

Namun pada 2012 silam, perayaan aneh ini sempat di kecam oleh organisasi hak-hak binatang. Akan tetapi warga El Puig tidak menghiraukan kecaman tersebut, dan tetap melangsungkan perayaan Sant Pere.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini