Share

Jadi Penopang IKN, Maskapai Ini Buka Rute Jakarta-Mamuju-Balikpapan

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 406 2608464 jadi-penopang-ikn-maskapai-ini-buka-rute-jakarta-mamuju-balikpapan-yKnfjkQFo8.JPG Pesawat Sriwijaya Air (Foto: Instagram/@agoy_spotter)

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) bersama maskapai penerbangan Sriwijaya Air menyepakati pembukaan rute penerbangan dari Jakarta menuju Bandara Tanpa Padang Mamuju dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengungkapkan, kesepakatan pembukaan rute penerbangan itu dicapai dalam pertemuan antara Pemprov Sulbar dengan pihak Sriwijaya Air di Jakarta, pada 6 Juni 2022.

Pada pertemuan itu, owner Sriwijaya Air, Hendry Lie dan Direktur Niaga Sriwijaya Air, Henoch Rudi Iwanuddin menyambut baik upaya Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik untuk menyelenggarakan rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan.

Melalui kesepakatan tersebut, Akmal Malik menegaskan posisi Sulbar siap menjadi penopang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Infografis Maskapai dengan Menu Terbaik di Dunia

"Melalui kerja sama antara BUMD Provinsi Sulbar dengan Sriwijaya Air rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan akan dibuka. Dengan demikian, Sulbar mempertegas posisinya sebagai penopang pembangunan IKN," jelas Akmal Malik, mengutip ANTARA.

Pria berkacamatan itu menyatakan siap mencari solusi terkait kendala penerbangan langsung dari dan keluar dari Sulbar.

Menurut dia, penerbangan langsung Jakarta-Mamuju memungkinkan dilakukan, namun hal tersebut terkendala dengan kondisi Bandar Udara Tampa Padang di Mamuju yang belum tersedia stasiun pengisian bahan bakar pesawat atau jaringan pengisian avtur.

Ia menyampaikan, ada dua upaya untuk menjaga keberlanjutan penerbangan dari dan menuju Sulbar melalui Bandara Tampa Padang, yakni melalui skema subsidi atau mengkreasikan berbagai kegiatan yang membuat orang mau datang dan berkunjung ke Mamuju.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

"Kami mendorong agar sejumlah event skala lokal dan nasional bisa diselenggarakan. Event yang digelar harus menarik atau memberi daya tarik untuk orang datang berkunjung ke Sulbar," ucapnya.

"Kalau okupansi penumpang pesawat banyak, subsidi tidak perlu dilakukan," ujar Akmal Malik yang juga menjabat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.

Diharapkan dari pembukaan rute penerbangan tersebut kata dia, laju pertumbuhan ekonomi Sulbar juga akan semakin cepat karena telah ditopang dengan sistem transportasi yang lebih baik.

"Banyak obyek wisata, seperti spot diving yang bisa menjadi jualan pariwisata. Kalau infrastruktur seperti transportasi sudah berjalan baik, orang makin mudah berkunjung ke Sulbar," terangnya.

Saat ini penerbangan dari dan menuju Bandar Udara Tampa Padang di Mamuju hanya dilayani oleh pesawat ATR yang dijalankan oleh Wings Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini