Share

Wajah Lain Kota Tua Jakarta

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 406 2608466 wajah-lain-kota-tua-jakarta-PxC4RFqktd.jpg Kota Tua (dok Instagram @vicky_krisna)

KOTA Tua Jakarta adalah salah satu tempat bersejarah yang dipelihara sebagai warisan budaya dan dipertahankan sebagai warisan cagar budaya peninggalan era kolonial belanda.

Kota Tua terletak di pusat Kota Jakarta dan telah menjadi destinasi wisata sejarah yang cukup populer di kalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Walaupun telah dilakukan beberapa kali renovasi minor, akan tetapi keaslian bentuk bangunan-bangunan yang ada di Kota Tua masih dipertahankan hingga saat ini karena Kota Tua merupakan prasasti nyata yang menyimpan berbagai cerita kelam yang terjadi di masa kolonial Belanda.

Walau dikenal sebagai salah satu tempat wisata bersejarah terkenal di Indonesia, nyatanya Kota Tua juga menyimpan sejuta misteri di dalamnya. Terdapat berbagai spot-spot di Kota Tua yang terkenal akan keangkerannya karena adanya berbagai penampakan makhluk astral yang terlihat di sekitar daerah Kota Tua, terlebih di beberapa museum yang ada di kawasan tersebut.

 live podcast obrolan misteri

dok. Roov

Museum yang difungsikan untuk menyimpan bukti serta benda bersejarah di era kolonial nyatanya tidak hanya dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin belajar sejarah saja, loh. Ada banyak makhluk astral yang berkunjung bahkan ada yang sampai menjadikan museum tersebut sebagai kediamannya.

Salah satu cerita mistis terkenal berasal dari Museum Wayang  yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Bentuk bangunan dari Museum Wayang memang sangat menarik mata karena aspek gedung bangunannya yang mencerminkan bangunan di era kolonialisasi Belanda masih bisa terlihat dengan sangat jelas.

Terdapat ribuan jenis wayang yang berasal baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Usia bangunan Museum Wayang sendiri memang sudah menginjak ratusan tahun dan apabila ditarik benang merahnya, maka bisa diketahui bahwa dulunya gedung ini merupakan sebuah gereja bernama Oud Hollandsche Kerk (Gereja Belanda Lama) yang dibangun pada tahun 1640.

Setelah mengalami beberapa kali renovasi dari tahun 1732, gereja ini berganti nama menjadi de nieuwe Hollandsche Kerk (Gereja Belanda Baru). Sayangnya, akibat gempa bumi yang terjadi di tahun 1808, bangunan gereja ini roboh. Ikatan Kesenian dan Ilmu Batavia memutuskan untuk membeli bangunan bekas gereja tersebut yang kemudian dibangun kembali sebagai de oude Bataviasche Museum atau museum Batavia Lama pada tahun 1939.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Setelah mengalami beberapa kali perpindahan kepemilikan, bangunan ini akhirnya dikelola oleh pemerintah DKI Jakarta dan dijadikan sebagai Museum Wayang di tahun 1968. Peresmiannya terjadi pada 17 agustus 1975 dan sempat diperluas pada awal tahun 2000-an.

Mengingat usianya yang sudah cukup lama, tidak aneh jika muncul cerita horor yang dialami oleh pengunjung, bahkan penjaga museum itu tersendiri. Ada salah satu kisah dari seorang pengunjung yang menceritakan bahwa dirinya pernah melihat secara langsung bagaimana mata wayang di sana bergerak layaknya mata manusia dan terkesan seperti wayang yang hidup.

Konon katanya, wayang adalah media bagi ‘mereka’ untuk singgah, terlebih apabila kalau usia wayang tersebut sudah menginjak usia tua yang mana juga menyimpan banyak cerita di dalamnya. Selain itu, ada pekerja yang mengaku pernah melihat dan dikerjai oleh sesosok hantu anak kecil di dalam Museum Wayang tersebut. Merindingnya lagi, ternyata ada sosok hantu wanita berbaju merah yang sering melintas di area museum.

Ih serem banget, ya! Eits, ceritanya tak hanya sampai di situ saja, loh. Podcaster Jero juga pernah melihat secara langsung sosok hantu wanita yang memakai pakaian merah menjuntai dan seperti menyimpan dendam yang dalam. Ia juga bercerita pernah bertemu dengan sosok gadis Belanda yang mempunyai cerita cukup menyedihkan. Penasaran? Yuk, dengar cerita selengkapnya hanya di Live Podcast Jero: Semedi tanggal 9 Juni 2022 pukul 20.00 WIB. Jero juga akan menceritakan secara mendetail tentang misteri gong yang ada di dalam Museum Fatahillah serta sosok urban legend yang katanya tidak mempunyai kepala.

Download aplikasi Roov di Google Play Store dan Apple App Store  sekarang juga!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini