Share

Hore! Kijang Arab Oryx Kembali Lahir Setelah 90 Tahun "Menghilang"

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 406 2608630 hore-kijang-arab-oryx-kembali-lahir-setelah-90-tahun-menghilang-31vtJEeADe.jpeg Kijang Arab oryx melahirkan anak di King Salman Royal Natural Reserve, Arab Saudi (Twitter KSRNR)

KIJANG Arab oryx kembali lahir di King Salman Royal Natural Reserve (KSRNR) di wilayah utara Arab Saudi. Ini kelahiran pertama di cagar alam itu setelah jeda selama 90 tahun.

Kelahiran ini merupakan puncak dari kerjasama antara KSRNR Development Authority dan National Centre for Wildlife (NCW) yang menghasilkan pelepasan sejumlah kijang di cagar alam pada Maret sebagai bagian dari program pemukiman kembali untuk spesies yang terancam punah.

 BACA JUGA: Arab Saudi Cabut Larangan Warganya ke Indonesia, Sandiaga: Kunjungan Wisman Diharapkan Meningkat

Melansir dari Arab News, Jumat (10/6/2022), NCW melepaskan 50 kijang Arab, 100 antelop Reem, 20 ibex gunung, dan 30 burung Houbara di salah satu dari tiga suaka margasatwa utama KSRNR pada 30 Maret lalu.

Pelepasan kijang Arab ke habitat alami mereka di barat laut Arab Saudi adalah yang pertama dari jenisnya untuk spesies tersebut.

 

Menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam, kijang Arab adalah spesies yang rentan terancam punah.

 BACA JUGA: Sambut Peziarah, Arab Saudi Sajikan Pertunjukan Seni Islam di Terminal Haji

Hilangnya spesies dari wilayah tersebut selama beberapa dekade adalah akibat dari berbagai tekanan lingkungan, penangkapan ikan yang berlebihan, dan hilangnya tutupan vegetasi, yang menyebabkan penurunan jumlahnya di hutan belantara.

Kembalinya oryx ke cagar alam ini mendorong pengembangbiakan alaminya, yang merupakan pencapaian lingkungan yang berkontribusi pada keseimbangan lingkungan, pengayaan keanekaragaman hayati, dan pelestarian spesies ini.

Saat ini, KSRNR memiliki 282 spesies hewan yang mencakup berbagai jenis mamalia, reptil, burung, dan amfibi.

Hewan-hewan termasuk serigala Arab, rubah, rusa Reem, capra, kelinci, elang emas, dan curlews.

 ilustrasi

Cagar alam ini terdiri dari tiga situs konservasi utama: Khunfah, berbatasan dengan barat gurun Nafud Besar, dataran tinggi sedimen Al-Tubaiq, dan Harrat Al-Harra.

Sebagai cadangan terbesar di Kerajaan, KSRNR mencakup wilayah geografis yang beragam di empat provinsi Hail, Al-Jawf, Tabuk, dan utara dekat Wadi Rum yang berbatasan dengan Yordania.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini