Share

Mengenal Sheedi Mela, Ritual Persembahan untuk Buaya Suci di Pakistan

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 11 Juni 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 406 2609244 mengenal-sheedi-mela-ritual-persembahan-untuk-buaya-suci-di-pakistan-IkVstxCNED.jpg Festival Sheedi Mela di Karachi, Pakistan (Foto tribune.com.pk)

SHEEDI Mela merupakan ritual persembahan untuk buaya suci di Pakistan. Tradisi ini tiap tahun digelar oleh komunitas Sheedi, warga Pakistan dari keturunan Afrika. Dalam kalender budaya mereka, Sheedi Mela merupakan festival spritual yang sakral.

Sheedi Mela yang melibatkan buaya-buaya dianggap suci sering digelar selama empat hari pada musim panas di kuil Manghopir, Kota Gadap, Karachi, Pakistan. Tanggal penyelenggaraannya diputuskan oleh pemimpin komunitas Sheedi.

 BACA JUGA:Tradisi Unik Manten Kucing di Tulungagung untuk Minta Hujan

Kuil Manghopir terletak di sebuah bukit kecil dan di dalamnya ada Makam Santo yang ditutupi dengan kain sutra bersulam.

 

Saat festival berlangsung, para musisi memainkan instrumen tradisional dan menyanyikan pujian untuk santo. Makam juga dicuci dengan air mawar dan kayu cendana. Di luar kuil, ada berbagai kios dan toko mini yang menjual pernak-pernik dan barang-barang yang berhubungan dengan kuil.

 BACA JUGA: Uniknya Tradisi Wanita Suku Bishnoi India, Rela Menyusui Bayi Rusa yang Dianggap Suci

Para anggota komunitas Sheedi akan mempersiapkan daging segar sebagai kurban untuk diberikan kepada buaya. Biasanya yang dihadirkan dalam festival adalah buaya putih. Buaya yang dianggap suci itu ikut dikalungi bunga. Pemimpin buaya disebut Mor Sahib.

"Semua kekayaan yang kita miliki hari ini adalah berkat Mor Sahib," kata Saira Sheedi, anggota komunitas Sheedi seperti dikutip dari The Express Tribune.

Festival Sheedi Mela kini bukan sekadar ritual biasa, tapi sudah menjadi event pariwisata yang menarik perhatian turis-turis bahkan dari mancanegara.

 ilustrasi

Turis juga bisa melihat penangkaran buaya di kolam dekat kuil Manghopir. Kolam sepanjang 120 meter dan lebar 61 meter berisi ratusan buaya.

Buaya tertua atau Mor Sahib berusia sekitar 100 tahun dan panjangnya lebih dari 3,7 meter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini