Share

3 Ritual Pembawa Berkah di India, Menusuk Diri hingga Mandi Kotoran Sapi

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 11 Juni 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 406 2609289 3-ritual-pembawa-berkah-di-india-menusuk-diri-hingga-mandi-kotoran-sapi-TPVGaZvbu7.jpg Festival Thookan di India (keralamythology.blogspot.com)

MEMBAHAS 3 ritual pembawa berkah di India. Negeri Bollywood memang punya banyak tradisi dan budaya unik bahkan ekstrem. Sebagian ada juga yang sangat jorok dan menjijikkan, tapi warga setempat percaya bahwa itu membawa berkah atau keberuntungan.

Masyarakat India khususnya warga Hindu sangat menjaga adat dan tradisinya. Ritual-ritual dari nenek moyangnya masih tetap dilestarikan sampai sekarang, meski kadang sulit masuk di akal manusia modern.

Salah satunya adalah mandi dengan tumpukan kotoran sapi, sesuatu yang sangat menjijikkan, tapi bagi sebagian orang India ini justru dianggap baik untuk kesehatan dan membawa hoki.

 BACA JUGA: Uniknya Pernikahan Katak di India, Didandan Seperti Manusia dan Diyakini Bisa Turun Hujan!

Berikut 3 ritual pembawa berkah di India :

1. Ritual Diinjak Sapi

 

Ritual ekstem ini dilakukan dengan melibatkan segerombolan sapi yang sudah dihias secantik mungkin lalu akan dituntun untuk menginjak-injak para pria. Meskipun rasanya sangat sakit dan menyiksa, namun mereka tetap rela saja dinjak sapi.

 ilustrasi

Warga Hindu terutama di India meyakini sapi sebagai hewan suci bahkan dewa keberuntungan. Jadi membiarkan diri diinjak sapi dianggap ikut keciprat hoki dari dewa.

Ritual ini sebagai penanda, berakhirnya festival cahaya, Diwali dan bermulanya perayaan Ekadashi. Saat ritual ini berlangsung, para peserta akan menelungkupkan tubuh dan membiarkan rombongan sapi menginjak-injak.

2. Festival Garudan Thookam

Festival Garudan Thookam merupakan salah satu festival mengerikan di dunia. Kegiatan ini merupakan ritual yang menyajikan pria ditusuk di bagian punggung, dengan menggunakan pengait, kemudian diangkat dan digantung menggunakan tali. Tujuannya untuk mengharap berkah dari Dewa.

 

Dalam bahasa Indonesia festival ini berarti elang bergelantung. Dilakukan dengan beberapa pria akan bergelantungan pada tali, hingga mirip dengan sosok burung elang yang sedang terbang.

 BACA JUGA:5 Alasan India Jadi Negara Paling Tercemar hingga Dijuluki Kotor dan Jorok

Akan tetapi tali-tali ini tak sekedar diikatkan ke tubuh, melainkan secara ekstrem dikaitkan dengan sebuah kail besi ke kulit pria-pria yang menjalankan ritual Garudan Thookkam. Bagi umat Hindu, Garuda di percaya sebagai makhluk suci, yang merupakan kendaraan dari Dewa Wisnu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Menceburkan Anak ke Dalam Kotoran Sapi

Menceburkan anak ke dalam tumpukan kotoran sapi sudah jadi tradisi di India. Mereka percaya ritual itu bisa membawa keberuntungan bagi si anak.

Dilaksanakan di Desa Betul, Madhya Pradesh, India. Kotoran sapi dianggap sebagai aset penting yang dapat menentukan masa depan seorang anak. Ritual dan tradisi ini sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu lamanya.

 ilustrasi

Tradisi tersebut masih menjadi bagian rangkaian perayaan festival lentera terbesar di India, Diwali. Sebelumnya, para penduduk setempat akan mengumpulkan kotoran yang berasal dari ratusan sapi di dalam satu tempat, atau wadah besar.

Sebelum menceburkan anak ke kotoran sapi, para ibu akan memanjatkan doa. Setelah itu menceburkan anak-anaknya ke dalam kolam kotoran sapi, yang sudah dihias dengan bunga-bunga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini