Share

Arab Saudi Gelar Festival Bisht, Tampilkan Warisan Budaya dan Seni Menjahit

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 12 Juni 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 406 2609321 arab-saudi-gelar-festival-bisht-tampilkan-warisan-budaya-dan-seni-menjahit-sJT41UEGjX.jpg Menjahit bisht Saudi (stutterstock)

KEMENTERIAN Kebudayaan Arab Saudi menyelenggarakan Festival Hasawi Bisht pada 15-21 Juni 2022 di Souq Al-Arbi’a (Pasar Rabu) di Al-Ahsa.

Festival ini menampilkan kegiatan yang menunjukkan warisan budaya dan sejarah seni menjahit buatan tangan di Al-Ahsa, terutama pembuatan bisht. Kegiatannya meliputi pameran bisht Saudi dan area yang didedikasikan untuk kerajinan tangan.

 BACA JUGA: Arab Saudi Cabut Larangan Warganya ke Indonesia, Sandiaga: Kunjungan Wisman Diharapkan Meningkat

Melansir dari Arab News, Sabtu (11/6/2022), pengunjung dapat berpartisipasi dalam lokakarya langsung yang mengkhususkan diri dalam pembuatan bisht dan menikmati food court yang mencakup hidangan Al-Ahsa yang terkenal, termasuk roti Hasawi, nasi, dan kurma.

Mereka juga dapat berpartisipasi dalam acara Tahun Kopi Saudi yang menyoroti pentingnya kopi di berbagai kesempatan.

Juga dikenal sebagai mishla, bisht adalah jubah pria yang dikenakan di atas thobe - atau tunik sepanjang mata kaki - di dunia Arab.

 BACA JUGA: Sambut Peziarah, Arab Saudi Sajikan Pertunjukan Seni Islam di Terminal Haji

Biasanya hitam, coklat, abu-abu, krem atau putih, itu adalah pakaian paling tradisional Saudi, dan salah satu yang paling bergengsi, terkait dengan royalti, kekayaan dan upacara, mirip dengan tuksedo dasi hitam di Barat.

Festival ini hadir dalam konteks upaya kementerian untuk merayakan elemen budaya khas Arab Saudi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini